Hari Anak Nasional 2021, Nadiem Makarim Ajak Kolaborasi Bersama Gairahkan Kembali Lagu Anak

Editor: Glery Lazuardi
Hari Anak Nasional 2021

TRIBUNBANTEN.COM - Di tengah era globalisasi dan transformasi digital, Indonesia menghadapi potensi krisis identitas generasi penerus bangsa.

Hal ini karena generasi penerus bangsa tak mempunyai lagu-lagu anak yang menemani dan memberi semangat saat beraktivitas sehari-hari.

"Makin sedikit lagu anak sesuai dengan usianya. Jadi tantangan sendiri," ujar Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Makarim, dalam sesi jumpa pers, pada Jumat (23/7/2021).

Baca juga: Hari Anak Nasional 2021: Siswa SD Tanya Tugas Presiden Ngapain Saja? Ini Jawaban Jokowi

Untuk itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan serta Direktorat Perfilman, Musik, dan Media bekerja sama dengan KITA Indonesia sedang mempersiapkan rangkaian kegiatan KILA 2021.

KILA adalah Kontes Kita Cinta Lagu Anak Indonesia. Ini merupakan gelaran kedua. Pendaftaran KILA 2021 sudah dibuka mulai hari ini 23 Juli 2021 atau bertepatan dengan Hari Anak Nasional.

Ajang ini kembali diselenggarakan setelah gelaran pertama sukses diselenggarakan pada tahun lalu. Gelaran pertama diikuti 1200 peserta.

"Kami ingin anak Indonesia bisa berkarya dan berbudaya dengan bahagia," ujarnya.

Dia menjelaskan, lagu merupakan salah satu metode pengajaran yang sangat besar pengaruh bagi anak.

Sebab, menurut dia, pada saat menyanyikan sebuah lagu itu mengandung banyak pesan terutama terkait cinta dan kasih.

Tak hanya sebagai media pembelajaran, melalui lagu-lagu anak, kata dia, mampu memupuk semangat nasionalisme dan jati diri bangsa.

Halaman
12