Breaking News:

Perhatian! Mulai Hari Ini Ponsel dengan IMEI Tidak Terdaftar akan Diblokir, Berikut Cara Cek IMEI

Setelah peraturan ini berlaku, ponsel dengan nomor IMEI yang tidak terdaftar di pemerintah akan diblokir layanan jaringan seluler

Shutterstock
Ilustrasi ponsel 

TRIBUNBANTEN.COM - Mulai Sabtu 18 April 2020 atau hari ini, pemerintah memberlakukan regulasi validasi nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) atau nomor identitas perangkat telepon seluler (ponsel) atau handphone (hp).

Pemerintah akan memblokir layanan komunikasi polsel atau hp ilegal alias black market (BM) lewat pemindaian atau identifikaisi nomor seri IMEI.

Validasi nomor IMEI diatur dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 11 Tahun 2019 tentang Pengendalian Alat dan/atau Perangkat Telekomunikasi yang Tersambung ke Jaringan Bergerak Seluler melalui IMEI.

Setelah peraturan ini berlaku, ponsel dengan nomor IMEI yang tidak terdaftar di pemerintah akan diblokir layanan jaringan seluler oleh operator. Misalnya ponsel yang dibeli lewat pasar gelap alias black market.

Sebab, ponsel kategori tersebut tidak mendapatkan layanan atau tidak tersambung dengan jaringan dari operator seluler.

Peraturan ini berlaku untuk ponsel yang baru dibeli atau diaktifkan mulai tanggal 18 April 2020.

Adapun, perangkat-perangkat ponsel yang sudah aktif sebelum tanggal 18 April 2020 adalah tetap dapat tersambung ke layanan dari operator seluler seperti biasa.

Pemerintah melalui Kementerian Kominfo, Kementerian Perindustrian atau Kemenperin, dan Kementerian Perdagangan atau Kemendag, mengimbau masyarakat agar mengecek terlebih dahulu nomor IMEI ponsel yang akan dibeli.

Bagaimana cara mengecek apakah ponsel yang Anda gunakan saat ini adalah ponsel ilegal alias black market, dan berpotensi diblokir atau tidak? Kemudian, jika ponsel Anda ternyata adalah ilegal, apa yang seharusnya dilakukan agar tidak terblokir?

Setiap ponsel memilik nomor IMEI yang menjadi nomor identitas perangkat. IMEI itulah yang dipakai oleh operator seluler untuk mengidentifikasi perangkat yang tersambung ke jaringannya.

Halaman
1234
Editor: Abdul Qodir
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved