Breaking News:

Benarkah Virus Corona Berakhir Jika Bintang Tsurayya Muncul? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) memberikan penjelasan lengkap

Lapan
Bintang Tsuraya/Turaya atau dalam ilmu antariksa dikenal sebagai Pleiades 

TRIBUNBANTEN.COM - Bintang Tsurayya banyak diperbincangkan setelah beredarnya video di media sosial yang menyebutkan bahwa bintang yang muncul di pagi hari itu membawa pesan akan berakhirnya wabah virus corona.

Pada unggahan yang beredar di media sosial, bintang itu disebut sebagai bintang Turaya atau Tsurayya.

Menjawab keramaian soal bintang Tsurayya ini, Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) memberikan penjelasan lengkap mengenai salah satu benda langit itu.

Letak bintang

Dalam ilmu antariksa, bintang Thuraya/Tsuraya atau ada yang menyebutnya Tsurayya, disebut sebagai gugus bintang terbuka Pleiades yang terletak dekat dengan rasi bintang Taurus.

Dalam keterangan resmi yang dikeluarkan Pusat Sains dan Antariksa (Pussainsa) Lapan, Sabtu (2/5/2020), gugus bintang terbuka ini terdiri dari sejumlah bintang.

Tujug di antaranya bisa dilihat dari Bumi dengan mata telanjang.

"Dalam mitologi Yunani, dan dikenal sampai saat ini, ketujuh bintang tersebut adalah Sterope, Merope, Electra, Maia, Taygeta, Celaeno, dan Alcyone; dan dikenal sebagai bintang 7 saudari," kata Andi Pangerang, salah satu peneliti Pussainsa Lapan, dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Sabtu.

Bintang yang juga disebut sebagai Messier 45 ini beserta bintang-bintang lain yang ada di dalam gugusannya tergolong sebagai bintang yang relatif muda dan masuk dalam kelas spektrum tipe B.

"Cenderung panas, cerlang, dan berwarna kebiruan. Bila kondisi tidak berawan, saat-saat seperti ini kita bisa mengarahkan pandangan ke arah timur saat jelang Matahari terbit, carilah rasi Taurus, dan temukan lintang Kartika (nama lain Pleiades) di dekat rasi Taurus," jelas Andi.

Halaman
123
Editor: Agung Yulianto Wibowo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved