Breaking News:

Sudah Boleh Makan di Restoran atau UMKM di Kota Tangsel

Layanan makan ditempat paling banyak 50 persen dari jumlah kursi dan meja yang diatur secara proporsional. Selebihnya dibatasi

Warta Kota/Alex Suban
ilustrasi. Rumah Makan Ayam Goreng Ny Suharti di Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, memberlakukan protokol kesehatan yang ketat seperti terlihat Kamis (28/5/2020). Di tempat itu kasir dibatasi tirai plastik, kursi pemesan diletakkan berjarak, kawasan wajib masker dan pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki restoran. 

TRIBUNBANTEN.COM - Walau memperpanjang penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) hingga 14 Juni 2020, Pemkot Tangerang Selatan memperbolehkan restoran atau usaha mikro kecil menengah (UMKM) membuka layanan makan di tempat.

Sebelumnya, pembeli hanya boleh membawa pulang makanan atau minuman.

"Tempat makan yang tadinya take away sekarang boleh makan di tempat. Ya mulai hari ini (diperbolehkan)," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadis Prindag) Kota Tangerang Selatan, Maya Mardiana, saat dikonfirmasi, Selasa (2/6/2020).

Menurut Maya, operasional restoran atau rumah makan diatur dalam Peraturan Walikota Nomor 19 Tahun 2020 perubahan Nomor 13 Tahun 2020.

Pada Pasal 10 poin 3 dijelaskan terhadap kegiatan pengelolaan restoran diperbolehkan buka pelayanan makan di tempat jika menerapkan protokol kesehatan.

"Layanan makan ditempat paling banyak 50 persen dari jumlah kursi dan meja yang diatur secara proporsional. Selebihnya dibatasi dengan tetap menggunakan layanan untuk dibawa pulang," katanya.

Selain itu, pemilik restoran juga harus menerapkan jaga jarak untuk antrean kasir, menyediakan tempat cuci tangan, penjepit makanan, proses pemanasan makanan sesuai standar, dan juga harus menjaga kebersihan.

"Pemilik juga melarang pekerja yang sakit dan mengharuskan bagi penjamah makanan menggunakan protokol kesehatan, seperti sarung tangan dan masker kepala," ujarnya.

Maya menegaskan, jika restoran atau UMKM tidak menerapkan protokol kesehatan dalam membuka pelayanan makan di tempat, akan dikenai sanksi berkaitan dengan perizinan usaha.

"Pengelola harus mengingatkan konsumennya juga, kalau ada yang tidak pakai masker diingatkan untuk pakai masker terlebih dulu atau masuk kedalam pertokoan kalau tidak pakai masker tidak boleh masuk," ucap Maya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mulai Selasa Ini, Pemkot Tangsel Izinkan Restoran dan UMKM Buka Layanan Makan di Tempat"

Editor: Agung Yulianto Wibowo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved