Breaking News:

New Normal

Pengunjung Mal di Kota Tangerang Hanya Boleh 35 Persen dari Kapasitas

Pusat perbelanjaan nantinya harus memiliki pintu penghitung pengunjung atau checker agar bisa mengendalikan jumlah pengunjung.

Tribuners/Martin Ronaldo
Polri dan TNI awasi pengunjung mal di Kota Cilegon. Warga tak pakai masker dilarang masuk mal. 

TRIBUNBANTEN.COM, - Pemkot Tangerang tengah menyiapkan protokol kesehatan Covid-19 sebagai persiapan memasuki era pola kehidupan dengan kenormalan baru atau New Normal.

Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah mengatakan, salah satu protokol kesehatan sehingga pusat perbelanjaan atau mal di wilayahnya bisa dibuka kembali adalah pembatasan jumlah pengunjung, yakni maksimal hanya 35 persen dari daya tampung.

"Kapasitasnya diupayakan pengunjung 35 persen," ujar Arief dalam keterangan tertulis, Selasa (9/6/2020).

Arief mengatakan, tidak hanya jumlah pengunjung, kapasitas parkir juga akan dibatasi. Area parkir hanya boleh terisi maksimal 50 persen dari kapasitas yang tersedia.

Untuk itu, kata Arief, pusat perbelanjaan nantinya harus memiliki pintu penghitung pengunjung atau checker agar bisa mengendalikan jumlah pengunjung.

Arief juga menjelaskan persyaratan pengajuan pembukaan pertokoanhampir sama seperti pembukaan rumah ibadah, yaitu harus mengajukan surat kesanggupan menjalankan protokol kesehatan Covid-19.

"Kan persyaratan mereka bisa mengajukan ditambah dengan surat pernyataan kesiapan-kesiapan dan dicek dengan gugus tugas," kata dia.

Apabila pusat pertokoan tidak bisa mengendalikan pengunjungnya, petugas akan menutup sementara hingga adanya komitmen untuk mengendalikan keramaian.

"Kami berharap pengelola pusat pertokoan benar-benar mampu mengendalikan pengunjungnya," ujar Arief.

Meskipun sudah menyiapkan beragam protokol kesehatan, Arief mengatakan belum bisa memastikan kapan pusat pertokoan bisa dibuka.

Halaman
1234
Editor: Abdul Qodir
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved