Breaking News:

Mahasiswa Untirta Terkejut Biaya Kuliah Naik Signifikan

Apalagi, ayahandanya baru saja terkena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) dari tempat kerjanya sebagai imbas adanya pandemi Covid-19.

Kompas.com/Acep Nazmudin
Kampus baru Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) di Sindangsari, Kota Serang, Banten, Kamis (26/12/2019). 

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Setelah unjuk rasa di kampus dan via media sosial menuntut keringanan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) akibat dampak pandemi Covid-19, sejumlah mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa ( Untirta) Kota Serang justru mengalami kenaikan UKT pada saat pembayaran semester gasal Tahun Akademik 2020-2021.

Sejumlah mahasiswa Untirta pun terkejut saat mengetahui nominal UKT yang harus ditransfer ke rekening pihak kampus.

Hal itu di antaranya dialami mahasiswa Untirta bernama Andi Reza.

Ia mengungkapkan biaya UKT pada semester sebelumnya sebesar Rp4,2 juta.

Ia pun mendengar informasi bahwa pihak kampus Untirta memberikan keringanan potongan UKT sebesar Rp300 ribu sebagai subsidi kuota sistem perkuliahan secara daring menyusul adanya pandemi Covid-19.

Namun, ia justu ia dikejutkan saat melihat tagihan biaya UKT semester kali ini di data transfer bank menunjukkan nominal sampai Rp7,1 juta atau hampir 2 kali lipat.

"Semester 1 itu UKT saya Rp4,2 juta. Setelah mengajukan penyesuaian, turun pada semester 2 menjadi Rp2,4 juta. Nah, untuk sekarang semester 3 ini naik jadi Rp7,1 juta,” kata Andi saat dihubungi.

Keluh Kesah Mahasiswa Untirta Kuliah Online:  Kurang Efektif hingga Subsidi Internet Tidak Cukup

 

Andi mengaku sangat keberatan atas kenaikan uang kuliah yang terbilang drastis ini.

Ia akan mengajukan keringanan ke pihak kampus Untirta karena ketidakmampuan ekonomi sehingga dirinya dapat melanjutkan kuliahnya.

“Saya juga mempersiapkan planning untuk mencari uang sesuai dengan nominal tadi. Semoga dalam pengajuan penyesuaian, UKT saya bisa berubah," ujar Andi.

Halaman
123
Editor: Abdul Qodir
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved