Breaking News:

Banten Dapat Pinjaman Rp 4,1 Triliun, Untuk Apa Saja?

Pinjaman Pemprov Banten sebesar Rp 4,1 triliun dengan jangka waktu selama 10 tahun dengan masa tenggang 24 bulan

Martin Ronaldo/Tribunners
Gubernur Banten Wahidin Halim 

TRIBUNBANTEN.COM - Pemprov Banten meminjam uang senilai Rp 4,1 triliun kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) untuk kembali membenahi perekonomian Provinsi Banten yang turun selama pandemi Covid-19.

PT SMI adalah satu di antara perusahaan di bawah Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan pinjaman itu akan dipakai untuk mengalihkan pembiayaan pembangunan di sektoral kesehatan, infrastruktur, pendidikan, serta ketahanan pangan.

"Pinjaman Pemprov Banten sebesar Rp 4,1 triliun dengan jangka waktu selama 10 tahun dengan masa tenggang 24 bulan," ucap gubernur yang biasa disapa WH ini melalui keterangan pers, Selasa (4/8/2020)

Menurutnya, pinjaman tersebut akan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya guna pemulihan perekonomian dan menunjang kegiatan yang nantinya akan dilakukan Pemprov Banten.

"Pinjaman bantuan keuangan akan dimanfaatkan untuk kegiatan yang produktif dan pemulihan ekonomi di Provinsi Banten," ujarnya.

Pinjaman itu akan digabungkan dengan proses perubahan pelaksanaan perubahan APBD tahun 2020 dan APBD tahun 2021.

Jika program selama tahun berikutnya tidak dapat terlaksana, dapat digunakan di tahun selanjutnya, yakni 2022.

Dengan kondisi pertumbuhan ekonomi triwulan I Indonesia yang hanya tumbuh 2,97 persen dan Provinsi Banten hanya 3,09 persen dengan prediksi pertumbuhan 2020 ADB, Indonesia hanya akan memasuki resesi atau pertumbuhan negatif 1 persen.

Pertumbuhan Provinsi Banten diprediksi juga akan negatif. Untuk itu, diperlukan upaya yang luar biasa agar tidak memasuki resesi.

"Pelaksanaan program diharapkan bisa memungkinkan bagi Pemprov Banten untuk mencegah Banten masuk ke dalam resesi dan memastikan target RKPD Perubahan 2020 Provinsi Banten terkait LPE bisa mencapai 1,5 persen dan IPM bisa 72,80 dengan kondisi jalan dan jembatan mantap mencapai 100 persen, dan unit sekolah baru yang terbangun empat unit," ucap WH.

Pemprov Banten menjadi satu di antara tiga pemda setelah DKI Jakarta dan Jawa Barat yang mendapat pinjaman program PEN Daerah yang disalurkan melalui PT SMI. (tribuners/martin ronaldo pakpahan)

Editor: Agung Yulianto Wibowo
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved