Breaking News:

Peran UMKM untuk Bantu Pertumbuhan Ekonomi Banten yang Minus Akibat Pandemi Covid-19

Upaya pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat menjadi solusi pertumbuhan ekonomi di Banten

Tribunnews/Irwan Rismawan
Warga berbelanja pakaian dari pedagang kaki lima di atas trotoar Jalan Jati Baru Raya kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (18/5/2020). Kawasan niaga itu sebelumnya telah tutup selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menyusul pandemi Covid-19. 

TRIBUNBANTEN, BANTEN - Provinsi Banten merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang terdampak pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19).

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten, pertumbuhan ekonomi di Tanah Jawara itu mengalami pertumbungan negatif atau terkontraksi 7,40 persen pada kuartal II-2020.

Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) mencatatkan besaran atas dasar harga kuartal II-2020 mencapai Rp 146,72 triliun. Pertumbuhan terendah dicapai lapangan usaha transportasi dan pergudangan yang mencatatkan minus 47 persen.

Bagaimana solusi untuk meningkatkan perekonomian tersebut?

Pengusaha Sandiaga Salahudin Uno menjelaskan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dapat menjadi penyelamat perekonomian nasional.

“Perannya sangat besar. Jadi UMKM ini adalah penyumbang 60 persen ekonomi kita, 60 persen dari PDB (produk domestik bruto) kita dari usaha-usaha rumahan seperti ini," ujar Sandiaga Uno, Sabtu (15/8/2020).

Ini Permintaan Kepala Dinas Kesehatan Banten kepada Kepala Daerah

Dua Pegawai Bank Banten Terpapar Covid-19, Ini Penyebabnya

Sandiaga Uno menjelaskan, UMKM, selain sebagai penyumbang perekonomian nasional, juga mampu menciptakan lapangan kerja.

Menurut Sandiaga Uno, sektor UMKM menyumbangkan sebesar 97 persen lapangan kerja saat ini.

Sehingga, Sandiaga Uno, para pelaku UMKM pantas disebut sebagai pahlawan ekonomi.

“Kedua adalah lapangan kerja, 97 persen lapangan pekerjaan itu diciptakan oleh pahlawan-pahlawan ekonomi kita. Dan terakhir yang saya lihat bagaimana mereka bisa naik kelas,” kata Sandiaga Uno.

Halaman
12
Editor: Glery Lazuardi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved