Breaking News:

Indonesia Miliki 10 Warisan Budaya Tak Benda yang Diakui UNESCO, Berikut Daftarnya

United Nations Educational, Science and Cultural Organization (UNESCO) memiliki daftar warisan budaya tak benda dari berbagai negara

Editor: Glery Lazuardi
istimewa
United Nations Educational, Science and Cultural Organization (UNESCO) memiliki daftar warisan budaya tak benda (intangible cultural heritage) dari berbagai negara. Indonesia sendiri memiliki 10 budaya yang masuk dalam daftar dari UNESCO tersebut. Daftar tersebut terdiri dari tarian hingga alat musik tradisional khas Indonesia. Yang terbaru adalah pencak silat yang diakui pada tahun 2019 lalu. Selain pencak silat ada beragam kebudayaan yang masuk daftar UNESCO. 

TRIBUNBANTEN.COM, JAKARTA - United Nations Educational, Science and Cultural Organization (UNESCO) memiliki daftar warisan budaya tak benda (intangible cultural heritage) dari berbagai negara.

Indonesia sendiri memiliki 10 budaya yang masuk dalam daftar dari UNESCO tersebut. Daftar tersebut terdiri dari tarian hingga alat musik tradisional khas Indonesia.

Yang terbaru adalah pencak silat yang diakui pada tahun 2019 lalu. Selain pencak silat ada beragam kebudayaan yang masuk daftar UNESCO.

Pantai Carita, Destinasi Favorit Wisata di Banten, Simak Gunung Anak Krakatau dari Dekat

Ada 200 Jenis Tanaman Obat Tradisional, Ini Wisata Taman Toga Terbesar di Banten

Bersumber dari situs UNESCO, berikut daftar warisan budaya tak benda Indonesia.

Keris

Keris diakui sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO tahun 2008. Keris berfungsi sebagai senjata dan objek spiritual.

Pembuat keris atau empu membuat keris dari berbagai material. Keris yang berkualitas dibuat dengan proses yang panjang dan teliti.

Pertunjukan wayang

Di tahun yang sama, wayang juga diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya tak benda.

Selama 10 abad lamanya, wayang berkembang di kalangan kerjaan dan masyarakat Jawa dan Bali. Wayang kemudian tersebar ke Lombok, Sumatra, Madura, dan Kalimantan.

Wayang berkembang dengan berbagai macam gaya pertunjukan dan musik. Wayang dibuat dengan berbagai ukuran, bentuk, dan dimensi. Ada dua jenis wayang: Wayang wayang klitik atau golek dan wayang kulit.

Halaman
1234
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved