Breaking News:

Pilkada Tangsel

Survei Indikator di Pilkada Tangsel: Muhamad-Sara dan Benyamin-Pilar Saling Salip, Selisih Tipis

Lembaga survei Indikator Politik Indonesia, merilis hasil survei terkait elektabilitas tiga pasangan calon di Tangsel. Paslon Muhamad-Sara memimpin

Editor: Yulis Banten
Tribunbanten.com/Zuhirna Wulan Dilla
Alat Peraga Kampanye dalam bentuk banner Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Muhammad-Rahayu Saraswati terpasang di badan trotoar, di depan Ruko Ciputat Center Jalan Ir H Juanda Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Sabtu (14/11/2020). Sejumlah pejalan kaki mengeluhkan keberadaan APK tersebut. 

TRIBUNBANTEN.COM, TANGERANG SELATAN - Hari H pencoblosan tinggal tiga pekan lagi.

Sejumlah lembaga survei, mulai melakukan survei di beberapa daerah yang menggelar Pilkada. 

Salah satunya yakni lembaga survei Indikator, yang menggelar survei di Tangerang Selatan (Tangsel).

Selasa (17/11/2020), Lembaga survei Indikator Politik Indonesia, merilis hasil survei terkait elektabilitas tiga pasangan calon (paslon) yang berlaga pada Pilkada Tangerang Selatan (Tangsel) 2020.

Seperti diketahui, tiga pasangan calon itu adalah, nomor urut 1  : Muhamad - Rahayu Saraswati yang diusung PDIP, Gerindra, PSI, PAN dan Hanura.

Nomor urut 2 : Siti Nur Azizah - Ruhamaben yang diusung PKS, Demokrat dan PKB.

Serta pasangan nomor urut 3 : Benyamin Davnie - Pilar Saga Ichsan yang diusung Partai Golkar.

Angka-angka yang ditampilkan pada survei tersebut menunjukkan betapa dinamisnya elektabilitas tiga pasangan calon.

Disiarkan secara langsung via Youtube Indikator Politik Indonesia, Selasa (17/11/2020), Burhanudin Muhtadi, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, memaparkan hasil surveinya.

Menggunakan metode multi random esampling dengan jumlah responden lebih dari 800 pemilih dari tujuh kecamatan di Tangsel, survei menunjukkan, paslon Muhamad-Saraswati berada di posisisi puncak.

Benyamin-Pilar berada di posisi kedua dan Azizah-Ruhama menghuni posisi bontot.

Baca juga: TribunBanten.com Hadir, Mata Lokal di Banten Menjangkau Indonesia

Burhanudin Muhtadi menjelaskan, pihaknya menggunakan empat metode pertanyaan untuk menggali jawaban dari responden soal siapa yang  akan dipilih pada kontestasi politik lima tahunan Tangsel itu.

Pertama adalah dengan menanyakan top of mind  atau jawaban spontan, pertanyaan semi terbuka, pertanyaan dengan menyebutkan nama kandidat ketiga calon wali kota dan dengan menunjukkan foto paslon.

Pada pertanyaan top of mind, nama Muhamad paling banyak disebut dengan prosentase 22,6%, sedangkan Benyamin mendapat 19% dan Azizah 7,3%.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved