Breaking News:

Di Debat Perdana, Iye-Awab Janji Tata Ulang Pelabuhan Merak untuk Genjot APBD dan Ekonomi Warga

Ia mengatakan, selama ini masyarakat yang datang ke Pelabuhan Merak sebatas untuk melakukan penyeberangan tanpa menikmati Kota Cilegon.

Tangkapan layar iNews Tv
Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon nomor urut 3 Iye Iman Rohiman-Awab dalam debat publik Pilkada Kota Cilegon disiarkan langsung stasiun televisi, Sabtu (21/11/2020). 

Laporan wartawan Tribunbanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, - Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon nomor urut 3, Iye Iman Rohiman-Awab berjanji akan melakukan penataan ulang kembali di Pelabuhan Merak, Cilegon.

Menurut Iye, Pelabuhan Merak merupakan episentrum penyebarangan bagi masyarakat Jawa-Sumatera, termasuk lalu lintas barang wilayah lain di Indonesia.

Namun, sejauh ini pelabuhan di ujung Pulau Jawa itu belum optimal dalam memberikan pemasukan ke daerah maupun masyarakat sekitar pelabuhan.

"Dalam hal ini harusnya diadakan fasilitas yang sesuai agar bagaimana masyarakat yang ingin ke Jawa dan Sumatera dapat beristirahat sehingga memunculkan pusat ekonomi baru," kata Iye dalam debat publik perdana Pilkada Kota Cilegon yang disiarkan langsung iNews Tv, Sabtu (21/11/2020).

Ia mengatakan, selama ini masyarakat yang datang ke Pelabuhan Merak sebatas untuk melakukan penyeberangan tanpa menikmati Kota Cilegon.

Hal itu terjadi karena tidak ada fasilitas pendukung maupun objek menarik yang dapat menarik masyarakat luar Cilegon untuk berkeliling Kota Cilegon maupun sekitar pelabuhan.

Padahal, di situ terdapat peluang ekonomi.

"Mohon maaf apabila saya kasar, barangkali bisa saya katakan mereka berhenti sejenak hanya mampir ke WC," ujar Iye.

Baca juga: Debat Perdana Cawalkot Cilegon, Ratu Ati-Sokhidin Tawarkan Pemanfaatan Limbah Industri untuk Warga

Baca juga: Tak Ada Persiapan Khusus Debat, 4 Cawalkot Cilegon Siap Beradu Program Kerja untuk Kota Baja

Debat publik perdana Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon di iNews Tower, Jakarta, Sabtu (21/11/2020).
Debat publik perdana Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon di iNews Tower, Jakarta, Sabtu (21/11/2020). (Tangkapan layar iNews Tv)

Sementara itu, Calon Wakil Wali Kota Cilegon, Awab mengatakan selain Pelabuhan Merak, Pelabuhan Warnasari juga berpotensi menjadi pemasukan APBD Kota Cilegon dan peningkatan ekonomi masyarakat jika pemerintah daerah dan pusat serius menyelesaikan pembangunan pelabuhan tersebut. 

Padahal, pembangunan pelabuhan tersebut sudah dilakukan sejak 20 tahun lalu.

"Sebenarnya tinggal menarik investor dari luar dan menyiapkan MoU dengan para investor untuk bekerja sama menyelesaikan pembangunan tersebut," ujarnya.

Pada 9 Desember 2020, ada empat pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon yang akan dipilih warga Kota Cilegon. Keempatnya adalah:  

Nomor urut 1: Ali Mujahidin-Firman Mutakin

Nomor urut 2: Ratu Ati Marliati-Sokhidin

Nomor urut 3: Iye Iman Rohiman-Awab

Nomor urut 4: Helldy Agustian-Sanuji Pentamarta

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved