Breaking News:

Natal dan Tahun Baru 2021

Arus Lalin di Tol Tangerang-Merak Ramai Lancar, Wakapolri Sebut Jumlah Pemudik Turun 66 Persen

Berdasarkan pantauan menggunakan helikopter, Eddy menyebut kondisi jalan tol masih dalam kondisi tidak terlalu padat

TribunBanten.com/Marteen Ronaldo
Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy meninjau pengamanan di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Kamis (24/12/2020). Dia meninjau dalam rangka persiapan libur Natal dan tahun baru. 

Laporan wartawan Tribunbanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, MERAK - Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy mengatakan arus mudik libur natal dan tahun baru 2021 tidak sepadat tahun sebelumnya.

Berdasarkan pantauan menggunakan helikopter, Eddy menyebut kondisi jalan tol masih dalam kondisi tidak terlalu padat dan landai.

"Tadi saya melihat kondisi dari udara arus lalu lintas di jalan Tol tidak terlalu padat masih normal-normal saja, begitu juga kalau kita lihat di pelabuhan-pelabuhan arusnya tidak terlalu tinggi," jelasnya saat ditemui di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Kamis (24/12/2020).

Baca juga: 3 Pelabuhan Penumpang Terbanyak di Indonesia Menjelang Libur Natal dan Tahun Baru per Kamis ini

Baca juga: Cek Perlengkapan Pengamanan dan Anggota di Pelabuhan Merak, Wakapolri Komjen Gatot: Ternyata Aman

Ia mengatakan, saat ini terjadi penurunan arus mudik kendaraan menuju Pelabuhan Bakauheni.

Eddy menyebut puncak arus mudik natal dan tahun baru sudah terjadi pada tanggal 19 Desember yang lalu.

Hal itu dilihat dari peningkatan jumlah kendaraan yang terjadi khususnya bagi kendaraan roda empat atau pribadi yang bergerak dari Jakarta dan sekitarnya menuju Merak sebesar 65 persen.

Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy meninjau pengamanan di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Kamis (24/12/2020). Dia meninjau dalam rangka persiapan libur Natal dan tahun baru.
Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy meninjau pengamanan di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Kamis (24/12/2020). Dia meninjau dalam rangka persiapan libur Natal dan tahun baru. (TribunBanten.com/Marteen Ronaldo)

Kendati mengalami kenaikan yang cukup signifikan, tetapi terjadi penurunan terhadap pemudik yang menyebrang dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni.

Baca juga: ASDP: Penumpang Pelabuhan Merak - Bakauheni Tak Diwajibkan Tes Rapid

Baca juga: H-1 Natal, Kendaraan Bermotor Menumpuk di Pelabuhan Merak

"Tetapi jumlah orangnya mengalami penurunan dibandingkan tahun yang lalu sebanyak 66 persen," katanya 

Meskipun begitu, pihaknya saat ini melaksanakan antisipasi libur natal dan tahun baru dengan menerapkan Operasi Lalu Lintas yang bertujuan untuk menghimbau kepada masyarakat agar lebih baik di rumah.

Akan tetapi, apabila tetap memaksa untuk melakukan perjalanan jauh, ia pun berharap agar masyarakat dapat menerapkan protokol kesehatan.

"Dan operasi yang kita lakukan paling utama untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19. Semoga dapat berjalan dengan baik dengan bantuan pihak lainnya," tutupnya.

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved