Breaking News:

Majelis Hakim PN Tangerang Vonis 22 Anak Buah John Kei

Puluhan anak buah John Kei itu merupakan terdakwa kasus penyerangan rumah Nus Kei di Perumahan Green Lake City, Kecamatan Cipondoh,

TRIBUNNEWS.COM/JEPRIMA
Polisi mengawal tersangka John Kei bersama anak buahnya saat rilis kasus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (22/6/2020). Kelompok John Kei disangkakan terlibat aksi penyerangan terhadap pamannya, Nus Kei, di Green Lake City Kota Tangerang dan Cengkareng Jakarta Barat, yang mengakibatkan seorang tewas dan tiga orang terluka, sehari sebelumnya. 

TRIBUNBANTEN.COM, TANGERANG - 22 anak buah John Kei divonis 2 tahun dan 1 tahun 8 bulan penjara.

Puluhan anak buah John Kei itu merupakan terdakwa kasus penyerangan rumah Nus Kei di Perumahan Green Lake City, Kecamatan Cipondoh, Minggu (21/6/2020).

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tangerang menjatuhkan hukuman dua tahun dan 1,8 tahun penjara kepada 22 anak buah John Kei.

Mereka semua sebelumnya terlihat dalam pidana pembunuhan berencana dan penyerangan rumah Nus Kei.

Baca juga: Hakim Pengadilan Negeri Bekasi Putuskan Hukuman Enam Bulan Penjara untuk Lima Anak Buah John Kei

Baca juga: John Kei Ungkap Pernyataan Mengejutkan di Sidang, Terungkap Latar Belakang Penyerangan Nus Kei

Sidang yang dipimpin oleh Hakim Ketua, Sutarjo dengan hakim anggota, Arief Budiman dan Mahmudin digelar secara virtual di ruang 7 Pengadilan Negeri Tangerang, Kamis (21/1/2021) dengan agenda sidang putusan.

Dari 22 anak buah John Kei, dibagi menjadi dua kelompok dengan hukuman penjara yang berbeda.

"Ada dua register ya, 13 divonis dua tahun penjara dan sembilan lagi divonis 1,8 tahun penjara," ungkap Kuasa Hukum 22 anak buah John Kei, Isti Novita di PN Tangerang, Kamis (21/1/2021).

Vonis yang dibacakan Majelis Hakim tersebut, jauh lebih ringan dibanding tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Pada sidang sebelumnya, JPU menuntut para terdakwa dengan hukuman lima tahun penjara.

Meski vonis yang dijatuhkan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tangerang, lebih ringan dari tuntutan JPU, Isti mengaku masih akan pikir-pikir lagi.

"Kami masih pikir-pikir apakah mau ajukan banding atau tidak atas putusannya," sambung Isti.

Sementara, Kasie Pidum Kejari Kota Tangerang, Dapot Dariarma mengaku juga akan pikir-pikir atas putusan Majelis Hakim PN Tangerang tersebut.

"Atas vonis Majelis Hakim Pengadilan Negeri tersebut, kita menyatakan pikir-pikir. Kita akan buat laporan terkait putusan PN kota Tangerang. Itu lebih 2/3 dari tuntuan kita, memang kalau dari pengacara menyatakan banding, kita banding," kata Dapot di kantornya.

Sebagai informasi, 22 anak buah John Kei disangkakan pasal berlapis sesuai Pasal 340 KUHP, Pasal 460 KUHP, Pasal 170 ayat 2 KUHP, dan Pasal 412 KUHP dengan ancaman hukuman penjara minimal lima tahun.

Editor: Glery Lazuardi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved