Breaking News:

Sampah di Kabupaten Lebak Mencapai 90 Ton Per Hari

Pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lebak, Banten mengatakan tidak ada kenaikan jumlah sampah di Kabupaten Lebak.

WARTA KOTA/Nur Ichsan
Ilustrasi Sampah 

Laporan wartawan TribunBanten.com, Desi Purnamasari

TRIBUNBANTEN.COM LEBAK - Pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lebak, Banten mengatakan jumlah sampah di Kabupaten Lebak mengalami peningkatan.

Baca juga: Penjelasan DLH Kota Serang Terkait Kompensasi Pemkot Tangsel Membuang Sampah di TPAS Cilowong

Baca juga: 400 dari 800 Ton Volume Sampah Kota Tangerang Selatan per Hari Bakal Dibuang di TPAS Cilowong

Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Iwan Sutikno menjelaskan dari catatan di tempat pembuangan sampah akhir (TPA) sendiri memang ada peningkatan yang biasanya 2 rit ternyata sudah sampai 3 rit dalam sehari otomatis jumlah di tpa pun bertambah.

"Untuk catatan di TPA sendiri memang bertambah yang biasanya hanya 2 rit dalam sehari mengangkut sampah ini sudah sampai 3 rit," ujarnya kepada, TribunBanten.com, Jumat(22/1/2021).

Iwan menjelaskan 2 rit itu sama dengan 6 ton perharinya, kita disini punya kedaraan 10 dikali saja dalam 2 rit maka sehari bisa sampai 60 ton sampah perhari, untuk 3 rit perhari maka sampah yang dihasilkan dapat mencapai 90 ton dalam sehari.

"Kalau diangkut semua ya diangkut kalau timbulan sampah yang liar yah itu tidak pada titiknya yang tidak teratur itu yang sulit karena bukan pada tempatnya," ujarnya

"Kaitannya mungkin satu kemampuan kita memang terbatas karena kendaraan oprasionalnya juga kalau sarana tercover mereka juga sudah mempunyai jalur masing-masing, jika ada titik-titik baru itu biasanya perumahan terkadang belum tercover sama kita" ucapnya

"Biasanya mereka memberdayakan sendiri warganya beli viar sendiri kelompok gitu tapi tercatat disana berapa viar yang masuk, untuk retribusi viar ini biasanya Rp 100 ribu perbulannya," jelasnya

Sedangkan untuk Retribusi kontener Rp 600 ribu dalam 4 kali tarikan satu bulan.

Penulis: desi purnamasari
Editor: Glery Lazuardi
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved