Breaking News:

Pilkada Tangerang Selatan

MK Gelar Sidang Gugatan Sengketa Pilkada, Muhamad-Sara Beberkan Temuan di Tangerang Selatan

Pihak Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang gugatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangerang Selatan 2020.

Editor: Glery Lazuardi
Tribunnew/Jeprima (Tribunnews/Jeprima
Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan nomor urut 1, Muhamad-Rahayu Saraswati mengikuti Debat Publik Pilkada Tangerang Selatan di Kompas TV di Studio 1 Menara Kompas, Jakarta, Minggu (22/11/2020). 

TRIBUNBANTEN.COM, JAKARTA - Pihak Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang gugatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangerang Selatan 2020.

Sidang digelar di ruang sidang MK, pada Jumat (29/1/2021).

Gagatan Pilkada ini dilayangkan Pasangan calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Tangerang Selatan nomor urut 1, Muhamad dan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo.

Dalam amar gugatannya Muhamad bersama keponakan Prabowo Subianto meminta majelis hakim MK membatalkan surat keputusan hasil pemilihan Pilkada Tangsel.

"Membatalkan keputusan Pemilihan Umum Tangerang Selatan tentang penetapan rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan wali kota dan wakil wali kota Tangerang Selatan Tahun 2020," ujar kuasa hukum Muhamad-Sara, Swardi Aritonang dalam sidang pemeriksaan pendahuluan.

Baca juga: Sidang Sengketa Hasil Pilkada Tangerang Selatan dan Pandeglang Digelar Jumat 29 Januari

Baca juga: Kalah di Pilkada Tangsel, Ruhama Ben Kini Didapuk Jadi Sekretaris DPW PKS Banten

Kubu Muhamad-Sara juga meminta MK menyatakan diskualifikasi pada pasangan calon nomor urut 3, Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ihsan (Benyamin-Pilar).

Menurut mereka, pasangan nomor urut 3 telah melakukan pelanggaran yang terstruktur, sistematis, dan masif (TSM).

Mulai dari dugaan kampanye terselubung dalam penyaluran dana Baznas, mobilisasi aparat negeri sipil (ASN) hingga politik uang.

Untuk penyaluran dana Baznas dan mobilisasi ASN dilakukan oleh Airin Rachmi Diany tim pengarah kampanye paslon nomor urut 3 yang juga Wali Kota Tangsel.

Sementara politik uang dilakukan Pilar Saga Ihsan. Saat masa tenang, keponakan Airin tersebut membagikan amplop coklat berisi uang untuk warga perumahan Alam Sutra, Serpong di masa tengang kampanye.

Swardi juga mengatakan, pihak Muhamad-Sara meminta termohon, dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum untuk melakukan pemungutan suara ulang.

"Meminta kepada termohon untuk melaksanakan putusan mahkamah ini sebagaimana mestinya," ujar dia.

Adapun gugatan sengketa Pilkada Tangsel ini diterima panitera MK pada 21 Desember 2020 dan telah disidangkan dengan nomoer perkara 115/PHP.KOT-XIX/2021.

Tulisan ini sudah tayang di kompas.tv berjudul MK Gelar Sidang Gugatan Pilkada Tangsel, Kubu Muhamad-Sara Beberkan Kecurangan Benyamin-Pilar

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved