Breaking News:

Tingkatkan Kemampuan Baca dan Tulis Anak dengan Cara Unik, Kampung Dongeng Hadir di Kota Serang

Para relawan yang tergabung dalam komunitas Kampung Dongeng terdiri dari beragam profesi mulai dari guru, wiraswasta, dan juga mahasiswa.

TribunBanten.com/Amanda Putri Kirana
Keceriahan anak-anak dan anggota komunitas Kado Serang di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sekretariat Kampung Dongeng Serang, di Jalan Baru Ciomas, Lingkungan Wakaf, Kelurahan Tembong, Kecamatan Cipcok Jaya, Kota Serang, Kamis (18/3/2021). 

Laporan wartawan TribunBanten.com, Amanda Kirana Putri

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Berbagai jenis buku berjejer rapi di sejumlah rak saat TribunBanten.com berkunjung ke Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sekretariat Kampung Dongeng Serang, di Jalan Baru Ciomas, Lingkungan Wakaf, Kelurahan Tembong, Kecamatan Cipcok Jaya, Kota Serang.

Ada buku pendidikan sekolah hingga buku dongeng.

Buku-buku ini menjadi referensi saat anggota komunitas Kampung Dongeng (Kado) Serang sedang mendongeng.

Memang, tujuan utama didirikannya komunitas ini adalah menjadi wadah literasi bagi anak-anak yang tinggal di wilayah sekitar. 

Kado Serang terbentuk pada 2019 dan telah diresmikan langsung oleh Wali Kota Serang Syafrudin dan Ketua Umum Kado Indonesia Pusat Kak Awam Prakoso.

Ketua komunitas Kado Serang, Nur Hayati (38) memilki keinginan agar anak-anak terus bisa bermain dan belajar melalui dongeng yang saat ini menurutnya sudah mulai ditinggalkan.

   

Baca juga: Wali Kota Cilegon Helldy Agustian Sidak ke Dinas Pendidikan, Minta SMP di Jombang-Tangkil Ditambah

Baca juga: Sekolah Tatap Muka Ditarget Juli 2021, Menko PMK: Terapkan Sistem Shift dan Perhatikan Prokes

  

Ketua Kado Serang, Nur Hayati
Ketua Kado Serang, Nur Hayati (TribunBanten.com/Amanda Putri Kirana)

“Orang tua zaman dulu suka memberikan kisah-kisah kepada anak-anaknya. Sedangkan saat ini banyak orang tua yang tidak dapat meluangkan waktu untuk berdongeng dengan anaknya,” kata wanita yang biasa disapa Kak Nur ini kepada TribunBanten.com  di Sekretariat Kado Serang, Banten, Kamis (18/03/2021).

Kak Nur mengungkapkan bahwa Kampung Dongeng adalah sebuah ruang bagi anak untuk mempelajari hal-hal yang tidak didapatkan di sekolah maupun rumah melalui perantara dongeng.

Halaman
1234
Penulis: Amanda Putri Kirana
Editor: Abdul Qodir
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved