Breaking News:

Ibadah Haji 2021, Kementerian Kesehataan Beri 57.000 Calon Jemaah Vaksinasi Covid-19

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan vakinasi kepada calon jemaah haji.

Editor: Glery Lazuardi
Kementerian Media Saudi/AFP
Sebuah gambar selebaran yang disediakan oleh Kementerian Media Saudi pada 31 Juli 2020 menunjukkan para jamaah yang berkeliling di sekitar Ka'bah, tempat suci paling suci di Masjidil Haram di kota suci Saudi, Mekah. Jemaah haji Muslim berkumpul hari ini di Gunung Arafat Arab Saudi untuk klimaks haji tahun ini, yang terkecil di zaman modern dan kontras dengan kerumunan besar tahun-tahun sebelumnya. 

TRIBUNBANTEN.COM, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan vakinasi kepada calon jemaah haji.

Upaya pemberian vaksin itu dilakukan sambil menunggu keputusan pemerintah Arab Saudi mengenai pelaksanaan Ibadah Haji 2021.

Calon jemaah haji yang sudah lanjut usia (lansia) mendapatkan prioritas.

Pada Jumat (19/3/2021) kemarin, sebanyak 465 orang lansia calon jemaah haji menjalani vaksinasi di Stadion Wijaya Mukti, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Mereka yang menerima vaksin itu masuk dalam skema vaksinasi lansia yang sedang berlangsung.

"Saat ini tercatat lebih dari 57.000 lansia calon jemaah haji yang seluruhnya disiapkan vaksinasinya, sehingga bila ada pengumuman dapat berangkat haji tahun 2021, semua sudah siap," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Oscar Primadi, dalam keterangannya, Senin (22/3/2021).

Baca juga: Kisah Abah Rombeng, Puluhan Tahun Nabung dari Hasil Jualan Kerajinan Anyaman Akhirnya Bisa Naik Haji

Baca juga: Siap-siap, Jemaah Umrah Bisa Berangkat ke Tanah Suci, Arab Saudi Mencabut Larangan Penerbangan

Sementara itu, terkait kuota jemaah haji 2021, Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes RI Eka Jusup Singka mengatakan, Indonesia masih menunggu keputusan Pemerintah Arab Saudi.

“Sambil menunggu, kita melaksanakan persiapan, salah satunya adalah vaksinasi Covid-19 dan menjalankan protokol kesehatan. Ini harus menjadi komitmen semua pihak," kata Eka.
Ia mengatakan, saat ini seluruh negara yang memiliki calon jemaah haji masih menunggu informasi dari Arab Saudi terkait pelaksaan haji tahun ini.

"Namun, Kementerian Kesehatan RI telah menyiapkan seluruhnya mulai dari pemeriksaan kesehatan hingga vaksinasi," ujar dia.

Sasaran vaksinasi Covid-19 tahap kedua mencapai 38.513.446 orang yang terdiri dari 21,5 juta orang lansia dan 16,9 juta orang petugas pelayanan publik. Kemenkes menargetkan vaksinasi tahap kedua ini tuntas diselesaikan pada Mei 2021.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kemenkes: 57.000 Lansia Calon Jemaah Haji Disiapkan Ikut Vaksinasi Covid-19"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved