Breaking News:

Hilal Awal Ramadan 1442 H Tak Terlihat di Mercusuar Cikoneng Banten

Menurutnya, banyak faktor yang menyebababkan hilal tidak terlihatnya di titik tersebut.

Penulis: Khairul Ma'arif | Editor: Abdul Qodir
TribunBanten.com/Khairul Ma'arif
Suasana pemantauan hilal penentuan awal Ramadan 1442 Hijriah di Mercusuar Cikoneng, Jalan Raya Bandulu Anyer, Km 131, Cikoneng, Kecamatan Anyar, Kabupaten Serang, Banten, Senin (12/4/2021) petang. 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Khairul Ma'arif

TRIBUNBANTEN.COM, ANYER - Penentuan awal Ramadan 1442 Hijriah diputuskan melalui sidang isbat Kementerian Agama pada Senin (12/4/2021) petang.

Penentuan awal Ramadan tersebut mengacu pada pantauan hilal atau penampakan bulan yang dilakukan di 86 lokasi dari 34 provinsi di Indonesia.

Pemantauan hilal dilakukan petugas Kanwil Kemenag kabupaten/kota beserta ormas Islam dan instansi terkait.

Satu di antara titi pemantauan hilal penentuan awal Ramadan 1442 H adalah di titik Mercusuar Cikoneng, Jalan Raya Bandulu Anyer, Km 131, Cikoneng, Kecamatan Anyar, Kabupaten Serang, Banten. 

Pemantauan hilal di titik Mercusuar Cikoneng dilakukan tiga instansi, yakni dari Planetarium Jakarta Taman Ismail Marzuki, BMKG Regional II Ciputat, dan Tim Ru'yatul Hilal dan Hisab Jama'atul Muslimin (Hizbullah).

Hasil pemantauan ketiga instansi di Mercusuar Cikoneng menunjukkan hilal tidak terlihat sedikit pun.

"Tetapi sampai jam 17.56 matahari terbenam ditambah dengan waktu hampir setengah jam, kami tidak mendapatkan hilal," ujar kordinator bidang data dan informasi Balai Besar BMKG Wilayah II, Sutiyono, di lokasi pemantauan hilal, Mercusuar Cikoneng, Senin (12/4/202).

Baca juga: Hilal Awal Ramadan 1442 H Sudah Terlihat di Wilayah Indonesia

Baca juga: Tiga Tahapan Sidang Isbat Penentuan Awal Puasa Sore Ini dan 34 Lokasi Ruyatul Hilal Termasuk Banten

Menurutnya, banyak faktor yang menyebababkan hilal tidak terlihatnya di titik tersebut. Di antaranya adanya awan yang cukup tebal di titik tersebut.

Suasana pemantauan hilal penentuan awal Ramadan 1442 Hijriah di Mercusuar Cikoneng, Jalan Raya Bandulu Anyer, Km 131, Cikoneng, Kecamatan Anyar, Kabupaten Serang, Banten, Senin (12/4/2021) petang.
Suasana pemantauan hilal penentuan awal Ramadan 1442 Hijriah di Mercusuar Cikoneng, Jalan Raya Bandulu Anyer, Km 131, Cikoneng, Kecamatan Anyar, Kabupaten Serang, Banten, Senin (12/4/2021) petang. (TribunBanten.com/Khairul Ma'arif)

Di wilayah Banten, selain di Mercusuar Cikoneng, pemantauan hilal dilakukan oleh petugas Badan Meteorologi Geofisikan dan Klimatologi (BMKG) di Mambruk.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved