Breaking News:

Lebaran 2021

Polda Banten Dirikan 16 Posko Penyekatan Mudik Hingga Jalur Tikus, Truk Hingga Ambulans Diperiksa

"Petugas akan memeriksa setiap kendaraan yang melintas di sejumlah titik penyekatan. Pemeriksaan juga berlaku bagi truk dan ambulans," tandasnya.

Tangkapan layar Kompas Tv
Sejumlah pemudik bersembunyi di dalam mobil yang diangkut truk towing di Semarang, Jawa Tengah, pada musim mudik Lebaran 2020, Senin (4/5/2020). 

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Direktorat Lalu Lintas Polda Banten menggelar Operasi Keselamatan Maung 2021 mulai 12 sampai 25 April 2021.

Operasi ini sebagai awalan upaya penyekatan menyusul adanya larangan mudik dari pemerintah pada Lebaran tahun ini mulai 6 sampai 17 Mei 2021. 

Fokus operasi ini untuk mengimbau masyarakat agar tidak mudik dan mencegah penyebaran Covid-19.

Demikian disampaikan Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Rudy Purnomo dalam keterangan tertulis yang diterima TribunBanten.com, Kamis (15/4/2021).

Rudy menerangkan, sasaran Operasi Keselamatan Maung 2021 menitik beratkan pada 10 prioritas pelanggaran lalu lintas yang dinilai berpotensi mengakibatkan kecelakaan.

Sepuluh pelanggaran yang disadar adalah tidak menggunakan helm SNI, tidak menggunakan sabuk keselamatan dan pengendara di bawah umur.

Baca juga: Larangan Mudik Lebaran 2021: Kakorlantas Polri Persilakan Warga Bepergian Sebelum Tanggal 6 Mei

Baca juga: Mudik Dilarang, Tempat Wisata Diizinkan Buka Saat Libur Lebaran, Ini Syaratnya

Lalu, pengendara tidak memiliki SIM, berkendara sambil menggunakan telepon seluler atau HP, berkendara melebihi batas kecepatan dan berkendara melawan arus.

Posko check point di Tol Tangerang-Merak untuk memeriksa pengendara untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19, Selasa (12/5/2020).
Posko check point di Tol Tangerang-Merak untuk memeriksa pengendara untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19, Selasa (12/5/2020). (Warta Kota/Andika Panduwinata)

Selain itu, berkendara dalam pengaruh alkohol, kendaraan tanpa TNKB yang sah dan pelanggaran ODOL (Over Dimention-Over Load).

"Selain itu yang menjadi target lainnya adalah terkait permasalahan Pendemi Covid-19,” ujarnya.

Untuk mendukung kebijakan larangan mudik dari pemerintah, Polda Banten juga melakukan pengawasan terhadap pergerakan kendaraan dan orang dengan mendirikan Posko Check Point dan Posko Penyekatan.

Halaman
123
Penulis: Abdul Qodir
Editor: Abdul Qodir
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved