Breaking News:

KUNCI JAWABAN Tema 8 Kelas 3 SD Halaman 9 Bentuk Perisai yang Menggantung di Leher Burung Garuda

Bentuk perisai yang menggantung di leher burung Garuda adalah...Kunci jawaban tema 8 kelas 3 SD/MI soal halaman 9.

Buku Tematik Tema 8 Kelas 3 SD
Ilustrasi - Burung Garuda. 

TRIBUNBANTEN.COM - Bentuk perisai yang menggantung di leher burung Garuda adalah...Kunci jawaban tema 8 kelas 3 SD/MI soal halaman 9.

Pernyataan tersebut merupakan materi Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi terbaru revisi 2018.

Soal tersebut terdapat pada Subtema 1 tentang Aku Anggota Pramuka pada pembelajaran 2.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 3 Halaman 9

Bentuk perisai yang menggantung di leher burung Garuda adalah

Jawaban: berbentuk menyerupai jantung.

Baca juga: KUNCI JAWABAN Tema 8 Kelas 5 SD Halaman 23 Contoh Naskah Drama Pendek tentang Sikap Toleransi

Baca juga: KUNCI JAWABAN Tema 8 Halaman 84 85 Perilaku yang Menunjukkan Pengamalan Sila Pertama Pancasila

Pada kegiatan latihan pramuka siaga banyak dipelajari berbagai hal. Banyak kegiatan diajarkan dalam bentuk permainan. Salah satu alat yang dapat dijadikan alat permainan adalah tongkat. Banyak permainan yang dapat dilakukan dengan menggunakan tongkat.

Permainan lompat tongkat dikenal diberbagai daerah sebagai permainan tradisional. Ada banyak nama daerah untuk jenis permainan ini. Salah satunya adalah permainan Rangku Alu. Rangku alu atau bisa di sebut dengan tari tongkat merupakan permainan yang terkenal dalam masyarakat Manggarai (Nusa Tenggara Timur) yang biasa di gunakan untuk merayakan panen setiap satu tahun sekali biasanya jatuh pada bulan Juni atau Juli.  Setidaknya di butuhkan 2 meter bambu sebanyak 4 buah atau lebih.

Pemain di bagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok jaga dan satu kelompok main. Kelompok jaga bertugas menggerak gerakkan bambu sambil di iringi nyanyian lagu tari tongkat. Sementara yang bertugas mendapat giliran main di haruskan menari sambil melompat lompat dan menghindari jepitan bambu yang di gerakkan oleh pemain yang jaga. Buka tutupnya bambu mengikuti irama lagu yang di nyanyikan.

Permainan lompat tongkat ini selain menyenangkan juga menyehatkan, karena dalam latihan ini melatih kekuatan otot kaki dan keseimbangan. Selain itu juga diperlukan kekompakan antar pemain tongkat dan pemain lompat tongkat. Perhatikan salah satunya adalah permainan lompat tongkat berikut ini.

Halaman
123
Editor: Vega Dhini
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved