Breaking News:

Mudik Lebaran 2021

Periode Larangan Mudik Lebaran, Kemenhub Sesuaikan Operasional Dermaga dan Kapal di Merak-Bakauheni

Selama periode larangan mudik Lebaran 2021, jumlah penumpang angkutan penyeberangan di Lintas Merak-Bakauheni mengalami penurunan.

Editor: Glery Lazuardi
TribunBanten.com/Khairul Ma'arif
Suasana penyeberangan penumpang pejalan kaki di dermaga reguler Pelabuhan Merak Kota Cilegon, tampak sepi pada Rabu (5/5/2021) pukul 18.00 WIB, jelang pemberlakuan larangan mudik 6-17 Mei 2021 pukul 00.00 WIB. 

TRIBUNBANTEN.COM - Selama periode larangan mudik Lebaran 2021, jumlah penumpang angkutan penyeberangan di Lintas Merak-Bakauheni mengalami penurunan.

Untuk itu, pihak Kementerian Perhubungan akan menyesuaikan jumlah sarana dan prasarana angkutan penyeberangan di Lintas Merak-Bakauheni.

“Selama masa pengendalian transportasi, baik dermaga dan kapal yang operasional kami kurangi jumlahnya sesuai kebutuhan,” ujar Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Cucu Mulyana dalam keterangan tertulis, Minggu (9/5/2021).

Baca juga: Kapolri dan Panglima TNI Tinjau Posko Pengamanan Lebaran di Pelabuhan Merak Banten

Baca juga: Kisah Pedagang Kopi Keliling di Pelabuhan Merak saat Larangan Mudik: Dapur Saya Kurang Ngebul  

Dia menerangkan, dermaga yang beroperasi saat ini sebanyak 3 pasang dari semula sebanyak 7 pasang. Komposisinya, 1 dermaga eksekutif dan 2 dermaga reguler.

Sementara, jumlah kapal yang beroperasi dari semula 31 unit per hari menjadi 14 unit.

Penambahan pengoperasian dermaga dan kapal ini nantinya akan situasional tergantung dari jumlah permintaan atau kebutuhan penumpang.

Cucu pun memaparkan penurunan penumpang dan kendaraan sejauh ini,
Menurutnya, bila dibandingkan dengan masa normal, pada masa peniadaan mudik jumlah penumpang di Pelabuhan Merak turun 72% atau menjadi 7.014 penumpang, kendaraan roda 2 turun 97% atau menjadi 27 unit, dan roda 4 campuran turun sebanyak 41% atau menjadi 3.437 unit.

"Sementara di Pelabuhan Bakauheni jumlah penumpang turun 90% atau 2.284 penumpang, roda 2 turun 99% atau [menjadi] 6 unit, dan roda 4 campuran turun 67% atau [menjadi] 1.871 unit,” kata Cucu.

Sebelumnya, pada kondisi normal di Pelabuhan Merak jumlah penumpang per hari rata-rata 25.488 penumpang, kendaraan roda 2 sebanyak 780 unit, dan kendaraan Roda 4 campuran 5.826 unit.

Baca juga: Pengendara Truk Coba Kelabui Petugas di Pelabuhan Merak, kedapatan Bawa Motor Diduga Untuk Mudik

Baca juga: Niat Naik Kereta, Penumpang Ini Kaget Lihat Stasiun Serang, Ternyata KA Lokal Merak Tak Beroperasi

Sementara di Pelabuhan Bakauheni dalam kondisi normal rata-rata penumpang per hari mencapai 22.071 penumpang, roda 2 639 unit, dan roda 4 campuran 5.612 unit.

Halaman
12
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved