Breaking News:

Mau Lapor Tindak Pidana ke Polisi? Polda Banten Minta Masyarakat Manfaatkan Call Center Polri 110

Polda Banten mensosialisasikan Aplikasi Layanan Polisi 110. Call Center 110 merupakan sarana untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat

Editor: Glery Lazuardi
istimewa
Layanan Call Center Polri 110 

TRIBUNBANTEN.COM - Polda Banten mensosialisasikan Aplikasi Layanan Polisi 110.

Kasubbid Penmas Bidhumas Polda Banten AKBP Meryadi, mengatakan Call Center 110 merupakan sarana untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat dalam memberikan informasi, laporan ataupun pengaduan.

"Apabila membutuhkan kehadiran polisi jika terjadi gangguan kamtibmas dan lainnya," ujar Meriyadi, dalam keterangan yang diterima wartawan, Rabu (26/5/2021).

Dia menjelaskan, setiap laporan yang disampaikan akan ditindak lanjuti oleh Operator Call Center 110 dengan menghadirkan personel Polri yang berada di titik terdekat dari lokasi kejadian.

"Call Center 110 hanya dapat dipergunakan untuk pengaduan darurat apabila ada yang melakukan panggilan iseng maka sistem dapat mendeteksi lokasi dari nomor tersebut," kata Meriyadi.

Baca juga: Polda Banten Pertahankan Pos Pam Lebaran di 24 Titik dari Gerbang Tol Merak hingga Cikupa

Baca juga: Viral Banana Boat Diamankan dan Didemo Pelaku Usaha Pantai Carita, Begini Klarifikasi Polda Banten

Terakhir, Meriyadi menambahkan hal ini ditujukan agar terciptanya efesiensi penerimaan laporan dari masyarakat secara langsung dalam 1x24 jam.

Acara sosialisasi itu dilakukan melalui kegiatan talkshow di Radio Megaswara FM Serang.

Seperti dilansir polri.go.id, dalam rangka lebih cepat memberikan pelayanan kepada masyarakat, Polri telah bekerjasama dengan PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) untuk melaksanakan Layanan Contact Center 110.

Kehadiran Layanan Contact Center 110 POLRI ditujukan untuk memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat terhadap terselenggaranya layanan keamanan publik.

Dalam penyelenggaraan layanan contact center, telah disiapkan sebuah sistem aplikasi yang dapat memungkinkan pencatatan /perekaman setiap interaksi Polri & masyarakat, sehingga dimungkinkan pengendalian response kebutuhan masyarakat terhadap Polri.

Baca juga: Tempat Wisata Ditutup hingga 30 Mei, Polda Banten Ultimatum Pengelola Segera Kosongkan Area

Baca juga: Mulai Hari Ini, Polda Banten Tutup Jalur Menuju Tempat Wisata, Wisatawan Yang Nekat Diputar Balik

Sistem tersebut direncanakan akan membuka saluran via : telepon, sms, email, fax dan media sosial yang didukung oleh jaringan Telkom Group di Indonesia.

Masyarakat yang nantinya melakukan panggilan ke nomor akses 110 akan langsung terhubung ke agen yang akan memberikan layanan berupa informasi, pelaporan (kecelakaan, bencana, kerusuhan, dll) dan pengaduan (penghinaan, ancaman, tindak kekerasan dll).

Masyarakat bisa menggunakan layanan Contact Center 110 secara gratis.

Namun demikian, Polri menghimbau agar layanan 110 ini tidak dibuat main-main, karena jika nantinya terjadi seperti itu, pihak Polri tentu akan melacak masyarakat yang membuat laporan bohong.

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved