Breaking News:

Taman Nasional Ujung Kulon Buka Lagi Mulai Jumat 28 Mei

Taman Nasional Ujung Kulon kembali dibuka pasca penutupan tanggal 17 Mei yang lalu.

Penulis: Marteen Ronaldo Pakpahan | Editor: Glery Lazuardi
Istimewa (Humas Taman Nasional Ujung Kulon)
Badak di Taman Nasional Ujung Kulon 

Laporan wartawan Tribunbanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, PANDEGLANG - Taman Nasional Ujung Kulon kembali dibuka pasca penutupan tanggal 17 Mei yang lalu.

Taman Nasional Ujung Kulon yang berada di Kabupaten Pandeglang dibuka kembali mulai 28 Mei 2021

Hal itu diketahui dari Surat Edaran Nomor : SE.05/T.12/Tu/P3/5/2021 tentang reaktivasi objek wisata alam di Kawasan Konservasi Taman Nasional Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten tertanggal 24 Mei 2021.

Humas Balai Taman Nasional Ujung Kulom, Andri Firmansyah menjelaskan keputusan membuka tempat wisata itu merupakan tindak lanjut dari Intruksi Gubernur Banten nomor 11 tahun 2021 tentang revisi penutupan sementara destinasi wisata pasca libur lebaran 2021 lalu.

"Awalnya memang kami akan mempercepat proses reaktivasi kunjungan. Namun kami masih menunggu intruksi bupati terkait intruksi gubernur. Tapi ternyata bupati tidak mengeluarkan intruksi lanjutan, dan mengacu kepada intruksi gubernur saja. Tanggal 24 SE TNUK dibuat, tapi hari ini (28 Mei) baru diedarkan, dan berlaku (dibuka kembali)," kata dia, saat dihubungi Jumat (28/5/2021).

Pihaknya mengaku kecewa kepada Bupati Pandeglang yang tidak mengeluarkan surat instruksi resmi untuk kembali membuka tempat wisata yang berada di selatan Banten tersebut.

Namun keputusan tersebut merupakan hasil dari koordinasi pihaknya dengan Pemkab Pandeglang melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang agar mengacu pada Intruksi Gubernur Banten yang membolehkan dibukanya kembali objek wisata di zona hijau dan kuning.

"Sejauh ini yang kami terima, pemkab mengacu pada intruksi gubernur itu. Jadi memang tidak spesifik pemkab mengeluarkan intruksi, tapi mengacu kepada intruksi gubernur, jadi dipusatkan di intruksi gubernur itu," terangnya.

Dia berharap agar masyarakat terutama pelaku usaha yang berada di TNUK dapat kembali meningkatkan perekonomian dengan dibukanya tempat wisata tersebut.

"Semoga ini bisa memberikan dampak positif untuk perekonomian para pelaku wisata di TNUK," tutupnya.

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved