Breaking News:

News

Daftar Biaya untuk Mahasiswa Baru Jalur Mandiri di UI, UIN Jakarta, UNJ dan IPB, Ini Rinciannya

Berikut rincian daftar daftar biaya kuliah S1 melalui seleksi jalur mandiri UI, UIN Syarif Hidayatullah, UNJ dan UNJ.

kompas.com
Ilustrasi Universitas Indonesia 

TRIBUNBANTEN.COM - Berikut rincian daftar daftar biaya kuliah S1 untuk mahasiswa yang nantinya diterima melalui seleksi jalur mandiri Universitas Indonesia (UI), UIN Syarif Hidayatullah, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Melansir Tribun Jakarta, sejumlah kampus diketahui masih menerapkan biaya kuliah yang terdiri dari uang pangkal dan uang kuliah tunggal (UKT).

Namun demikian, ada juga sebagian kampus yang tak menjadikan uang pangkal sebagai komponen biaya bagi mahasiswa baru di tahun 2021.

Berikut biaya kuliah S1 jalur seleksi mandiri di beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) di Jabodeta dirangkum TribunJakarta:

1. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia (UI) membuka seleksi jalur mandiri melalui SIMAK UI pada tahun 2021.

Untuk diketahui, program sarjana UI mempunyai beberapa jenis kelas yakni reguler, paralel, kelas internasional dan ekstensi.

S1 reguler dan S1 paralel menerima lulusan SMA/sederajat dengan tahun kelulusan maksimal 3 tahun lalu atau tahun 2009.

Meski demikian, S1 paralel dibagi menjadi dua kelas yaitu untuk lulusan SMA/Sederajat tanpa batasan ijazah tahun lulus dan lulusan Diploma III, Diploma IV, dan Sarjana bidang ilmu yang berbeda.

Adapun Kelas Internasional adalah kerja sama antara UI dengan mitra Perguruan Tinggi di luar negeri, yang pelaksanaan kuliahnya di negara bersangkutan.

Kemudian, S1 Ekstensi yang diikuti oleh mahasiswa yang diterima secara khusus, dari lulusan Diploma III, Diploma IV, dan Sarjana bidang ilmu yang berbeda.

Baca juga: Cara Daftar Seleksi Mandiri SIMAK UI 2021 Beserta Biayanya, Pastikan Foto Diunggah dengan Benar

Biaya kuliah untuk mahasiswa baru S1 kelas reguler UI dikenakan tarif uang kuliah tunggal (UKT) berdasarkan kemampuan mahasiswa berdasarkan Biaya Operasional Berkeadilan (BOP-B) dan BOP Pilihan (BOP-P).

Namun, biaya BOP-B UI hanya berlaku bagi program sarjana reguler dan tak berlaku bagi mahasiswa program vokasi, sarjana paralel, sarjana ekstensi dan sarjana kelas intenasional.

Biaya kuliah jalur seleksi terpadu SIMAK UI untuk program reguler adalah sebagai berikut:
UKT UI BOP-B: Rp 0 - Rp 7,5 juta
UKT UI BOP-P: Rp 7,5 - Rp 20 juta

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved