Breaking News:

Unsera Luncurkan Program Merdeka Balajar Kampus Merdeka

Universitas Serang Raya (Unsera) mengadakan kegiatan peluncuran implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Kamis (2/6/2021).

Penulis: Amanda Putri Kirana | Editor: Glery Lazuardi
TribunBanten.com/Amanda Putri Kirana
Universitas Serang Raya (Unsera) mengadakan kegiatan peluncuran implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Kamis (2/6/2021). 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Amanda Putri Kirana

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Universitas Serang Raya ( Unsera) mengadakan kegiatan peluncuran implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Kamis (2/6/2021).

Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid di aula Unsera, Jalan Raya Serang-Cilegon Km. 5 Taman, Drangong, Serang, Banten, dan melalui zoom meeting.

Tampak hadir di tempat Rektor Unsera Hamdan, Ketua Yayasan Pendidikan Informatika (YPI) Mulya R. Rachmatoellah, jajaran Wakil Rektor, serta sejumlah civitas akademik Unsera dan para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Hamdan mengatakan, kebijakan MBK menjadi peluang besar meningkatkan kompetensi mahasiswa sesuai potensi, minat dan bakat.

“Unsera melalui Keputusan Rektor nomor 061/UNSERA/SK/V/2021 menyambut baik kebijakan MBKM melalui kegiatan pembelajaran dan penyesuaian kurikulum Permendikbud No.3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT),” ujar Hamdan.

Baca juga: Segera Daftar! Unsera Tawarkan Lima Jenis Beasiswa Mahasiswa Baru, Ini Syaratnya

Baca juga: PMB Unsera 2021: Targetkan 2.500 Mahasiswa Baru, Bisa Masuk Jalur Beasiswa

Untuk menyukseskan implementasi MBKM, Unsera telah bekerjasama dengan 130 mitra dalam mewujudkan cita-cita menuju universitas yang kompetitif di tingkat global.

“Harapannya Unsera dapat menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul di masa depan, serta memiliki pengetahuan dan keahlian yang relevan dengan kebutuhan saat ini,” ucap Hamdan.

Kemudian, sambutan kedua diberikan oleh Sekretaris PLT LLDIKTI Wilayah IV Dharnita Chandra melalui zoom meeting.

Ia mengucapkan selamat kepada pihak Unsera atas kegiatan peluncuran MBKM yang tengah dilakukan.

“Kampus Merdeka merupakan wujud pembelajaran di perguruan tinggi yang otonom dan fleksibel sehingga tercipta kultur yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa,” ujar Dharnita.

Universitas Serang Raya (Unsera) mengadakan kegiatan peluncuran implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Kamis (2/6/2021).
Universitas Serang Raya (Unsera) mengadakan kegiatan peluncuran implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Kamis (2/6/2021). (TRIBUNBANTEN/AMANDAPUTRIKIRANA)

Adapun tujuan dari MBKM adalah hak belajar tiga semester di luar program studi untuk meningkatkan kompetensi lulusan, baik softskill maupun hardskill.

Para mahasiswa dapat mengambil SKS diluar program studi yang sedang ditempuh di perguruan tinggi yang sama sebanyak satu semester atau setara dengan 20 sks.

Mereka juga dapat mengambil SKS di luar perguruan tinggi paling lama dua semester atau setara dengan 40 sks.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved