Breaking News:

PLN UID Banten

Cara Membaca Meter Listrik Mandiri Melalui Fitur SwaCAM di Aplikasi Mobile PLN, Sangat Mudah

Caranya sangat mudah, pelanggan hanya perlu mengirimkan foto angka stand meter yang akan dijadikan dasar perhitungan rekening listrik

Editor: Agung Yulianto Wibowo
PLN UID Banten
Membaca meter mandiri dengan memanfaatkan fitur Swadaya Catat Angka Meter (SwaCam) di aplikasi PLN Mobile. 

TRIBUNBANTEN.COM - PLN UID Banten mengajak masyarakat untuk bisa membaca meter mandiri dengan memanfaatkan fitur Swadaya Catat Angka Meter (SwaCAM) di aplikasi PLN Mobile.

Hal itu sebagai digitalisasi pelayanan yang dilakukan PLN.

Fitur SwaCAM memberikan transparansi pemakaian listrik bagi pelanggan sehingga memudahkan pelanggan untuk mengetahui estimasi tagihan listrik pada bulan berikutnya.

Baca juga: PLN UP3 Cikupa Sambung Listrik 2,2 MVA untuk Perumahan Lavon Swan City

Manajer Komunikasi PLN UID Banten Melva Yusmawati mengatakan pelanggan bisa membaca meter secara mandiri melalui SwaCAM di PLN Mobile pada tanggal 24-27 setiap bulan.

“Caranya sangat mudah, pelanggan hanya perlu mengirimkan foto angka stand meter yang akan dijadikan dasar perhitungan rekening listrik,” ujarnya.

Menurut Melva, petugas PLN tidak perlu datang ke rumah jika pelanggan telah mengirimkan baca meter mandiri melalui SwaCAM.

Membaca meter mandiri dengan memanfaatkan fitur Swadaya Catat Angka Meter (SwaCam) di aplikasi PLN Mobile.
Membaca meter mandiri dengan memanfaatkan fitur Swadaya Catat Angka Meter (SwaCam) di aplikasi PLN Mobile. (PLN UID Banten)

“Hal ini juga dapat menghindarkan pelanggan dari kesalahan catat meter dan melindungi dalam pencegahan penyebaran Covid-19 karena tidak ada kontak dengan petugas PLN,” katanya.

Selain itu, kini pelanggan juga dapat mengestimasi tagihan listrik bulan berikutnya melalui Fitur SwaCam.

“Sejak April lalu, terdapat fitur terbaru pada menu SwaCAM bagi pelanggan pascabayar untuk mengestimasi tagihan listriknya. Ini juga sebagai bentuk dari transparansi yang dilakukan PLN untuk pelanggan,” ucap Melva.

Jika pelanggan tidak bisa mengirimkan angka stand dan foto pada tanggal baca mandiri, yang digunakan adalah hasil baca petugas PLN.

Baca juga: PLN Bangun Tiga PLTM Senilai Rp 200 Miliar, Manfaatkan Bendungan Milik Kementerian PUPR

Namun, petugas PLN yang datang ke rumah pelanggan dalam melakukan pembacaan meter, menggunakan standar alat pelindung diri (APD) dan tetap memperhatikan Pedoman Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Adapun pemakaian listrik akan diperhitungkan rata-rata tiga bulan terakhir jika pelanggan tidak bisa mengirimkan foto angka stand meter atau lokasi kWh meter tidak didatangi petugas PLN.

“Jika pengiriman angka stand dan foto kWh meter oleh pelanggan di luar dari tanggal yang telah ditetapkan, yaitu 24 – 27, tidak akan dijadikan angka dalam perhitungan tagihan listrik,” ujar Melva.
 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved