Breaking News:

PPDB 2021

408 Siswa Tak Diterima Lewat PPDB SMP Jalur Zonasi di Kabupaten Serang

Terhitung sebanyak 12.636 peserta didik yang turut mendaftar, hanya 12.216 peserta didik yang diterima saat PPDB SMP di Kabupaten Serang

Penulis: desi purnamasari | Editor: Yudhi Maulana A
TribunBanten.com/Desi Purnamasari
ILUSTRASI - Sejumlah orang tua dan calon siswa melakukan verifikasi data Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA Negeri 1 Ciruas, Jl Raya Jakarta No KM 9,5, Citerep, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, Rabu (23/6/2021) 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Desi Purnamasari

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Penerimaan peserta didik baru (PPDB) online tingkat SMP Kabupaten Serang telah diumumkan pada 30 Juni 2021 melalui laman ppdb.kabserang.go.id.

Terhitung sebanyak 12.636 peserta didik yang turut mendaftar, hanya 12.216 peserta didik yang diterima.

Sementara 408 peserta didik lainnya tidak diterima.

"Ini belum semua SMP kami data dari 205 SMP swasta dan negeri baru 118 SMP yang sudah masuk ke pihak Dindik datanya," kata Koordinator PPDB SMP Kabupaten Serang, Yayan Suryana saat dihubungi TribunBanten.com, Jumat (2/7/2021).

Dalam hal ini, masih ada beberapa sekolah SMP di Kabupaten Serang yang masih memiliki ruang daya tampung untuk para siswa yang tidak berhasil lolos dalam PPDB online 2021.

Baca juga: Server Down Saat Pengumuman PPDB SMA, SMAN 2 Kota Serang Tunggu Informasi Resmi Dindik Banten

Yayan menuturkan bahwa hal ini dipengaruhi oleh faktor sebaran penduduk yang kurang merata pada setiap daerahnya.

"Untuk kepadatan penduduk di setiap daerah kan berbeda," ujarnya.

Dan kata dia, untuk jalur zonasi pasti yang akan dilihat adalah dari jarak tempuh sekolah sampai ke rumahnya, bukan dari siapa cepat mendaftar.

Namun ia pun menuturkan bahwa untuk peserta didik yang belum lolos saat ini dipersilahkan untuk memilih sekolah negeri lainnya yang memang masih memiliki ruang kuota untuk peserta didik baru tanpa melalui jalur zonasi.

Baca juga: Hasil Temuan Ombudsman Banten Soal Pelaksanaan PPDB Mulai dari Tingkat SD, SMP, hingga SMA

"Udah begini bebas para siswa mau pilih sekolah yang mana dan pendaftaran dapat dilakukan secara luring ke sekolah," tuturnya.

Dan ia pun menuturkan akan menyampaikan kepada pihak sekolah untuk membantu para orangtua agar dapat diarahkan ke sekolah terdekat yang masih ada daya tampungnya.

"Untuk data ini nanti akan disampaikan melalui seluruh pihak sekolah agar para orangtua dapat dengan mudah mengarahkan anaknya untum melanjutkan sekolah," katanya. 

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved