Breaking News:

Virus Corona di Banten

Satgas Covid-19 Beberkan Penyebab Utama Pandeglang Mendadak Zona Merah

Satgas Covid-19 Kabupaten Pandeglang melansir jumlah kasus Covid-19 di Pandeglang mencapai 3.655 orang.

https://covid19.go.id/
Ilustrasi wilayah zona merah 

Laporan wartawan TribunBanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, PANDEGLANG - Lonjakan kasus terkonfirmasi positif di Kabupaten Pandeglang mengantarkan wilayah tersebut masuk zona merah risiko penyebaran kasus Covid-19.

Satgas Covid-19 Kabupaten Pandeglang melansir jumlah kasus Covid-19 di Pandeglang mencapai 3.655 orang.

Hal tersebut tentu mengagetkan masyarakat Pandeglang mengingat sebelumnya Pandelang masuk zona kuning penyebaran kasus Covid-19.

Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Pandeglang, Achmad Sulaeman mengatakan hal ini disebabkan keterlambatan penginputan data ke pemerintah pusat.

"Ternyata ada keterlambatan pengimputan kasus yang ada di Pandehlang. Ini memang menjadi pelajaran kami karena SDM yang mengerjakan di kami itu terpapar Covid-19 dan bergejala," ujarnya saat dihubungi, Rabu (21/7/2021).

Baca juga: UPDATE Covid-19 di Banten: 7 Kabupaten dan Kota Masuk Zona Merah, Kecuali Lebak

Baca juga: Daftar Wilayah yang Diberlakukan PPKM Level 3 dan 4 di Jawa-Bali

Ia mengatakan adanya 50 persen operator data di puskesmas di Pandeglang terpapar Covid-19 membuat pihaknya keteteran dalam menginput dan menyampaikan data ke pusat.

Sementara, data yang masuk ke Pemkab Pandeglang tidak utuh atau parsial.

Menurutnya, perubahan tingkat risiko penyebaran Cpvod-19 di Pandeglang dari zona kuning menjadi zona merah secara tiba-tiba ini merupakan akumulasi data selama sepekan terakhir.  

"Secara laporan input ke pusat mungkin ada masalah itu ada selisih GAP yang begitu besar, sehingga akibatnya kemarin terjadi ledakan seolah-olah besar sekali. Padahal, itu akumulasi laporan yang tertunda selama seminggu kemarin," tegasnya.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya telah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Leevel 4 setelah perubahan menjadi zona merah ini.

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved