Breaking News:

PPKM Darurat

Masih Ada Masyarakat Terdampak Pandemi dan PPKM Belum Dapat Bantuan Sosial

Ketua Presidium Indonesia Civilian Police Watch (ICPW), Bambang Suranto, mengungkap masih banyak masyarakat belum menerima bantuan sosial

Editor: Glery Lazuardi
Ist
Bantuan sosial (bansos) sembako untuk warga terdampak Covid-19 dari Kementerian Sosial. 

TRIBUNBANTEN.COM - Ketua Presidium Indonesia Civilian Police Watch (ICPW), Bambang Suranto, mengungkap masih banyak masyarakat belum menerima bantuan sosial selama pandemi Covid-19.

Untuk itu, dia meminta pemberian bantuan dengan cara mendatangi rumah-rumah warga dihentikan.

Sebab, kata dia, akan menimbulkan kecemburuan bagi mereka yang tidak mendapatkan bantuan.

"Keluhan masyarakat yang ICPW terima mulai dari bentuk video pembagian dalam blusukan, dan juga komunikasi melalu via telepon seluler," kata dia, dalam keterangannya, pada Minggu (25/7/2021).

Baca juga: Hore! Ribuan Pekerja dan Buruh di Banten Terima Bansos Selama PPKM Darurat

Baca juga: Bantuan Bagi Warga Kabupaten Serang yang Tidak Terdaftar di BST dan PKH, Ini Penjelasannya

Dia meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit beserta jajaran melihat secara luas, apakah bantuan dari pemerintah saat ini, sudah didistribusikan secara merata.

Upaya itu, kata dia, dapat diprioritaskan daripada melakukan pembagian sembako kepada sebagian masyarakat.

Dia menilai, pemberian bantuan merupakan bentuk dukungan pimpinan Polri, kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan sosial di tengah pemberlakukan PPKM Darurat.

Namun, kurang etis, kata dia, jika seorang pimpinan korps bhayangkara ini melakukan pembagian sembako kepada sebagian masyarakat dalam melakukan blusukan sedangkan masyarakat lainnya belum mendapatkan.

"Tentunya, pembagian sembako dalam bluskan tersebut, sudah tidak sejalan dengan slogan Polri Presisi dan mencedrai nilai - nila dari Pancasila yaitu sila ke 5," kata dia.

Baca juga: Grup 1 Kopassus Serang Salurkan Bantuan untuk Dua Panti Asuhan di Kasemen dan Kramatwatu

Baca juga: Bantuan Subsidi Gaji Rp 1 Juta untuk Pekerja, Cek Syarat dan Cara Mendapatkannya

Sebab, dia melanjutkan, pembagian sembako yang dilakukan oleh Kapolri itu, hanya dirasakan oleh sebagian kecil masyarakat yang berdampak akibat dari pemberlakuan PPKM Darurat, yang mendapatkan bantuan sembako itu.

Sementara, masyarakat lainnya, hanya melihat dan sebagai penonton saja. Apalagi kegiatan itu malah di publikasikan dan di sebar luaskan ke publik.

"Sangat miris ketika masyarakat yang benar-benar membutuhkan bantuan sosial yang tidak kunjung datang, namun melihat sebagian masyarakat mendapatkan bantuan sosial dari kegiatan yang dilakukan pimpinan tinggi Polri," tambahnya

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved