Breaking News:

Harga Perumahan di Banten Diprediksi Naik Pada Triwulan III Sebesar 1,12 Persen

Bank Indonesia (BI) Banten mengindikasikan bahwa harga properti residensial tumbuh meningkat pada triwulan II 2021. 

Penulis: desi purnamasari | Editor: Yudhi Maulana A
TribunBanten.com/Desi Purnamasari
Kepala Kantor Perwakilan (KPW) BI Provinsi Banten Erwin Soeriadimadja, saat memberikan pemaparan melalui zoom meeting 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Desi Purnamasari

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Bank Indonesia (BI) Banten mengindikasikan bahwa harga properti residensial tumbuh meningkat pada triwulan II 2021. 

Hal tersebut berdasarkan hasil survei harga properti residensial (SHPR).

Pertumbuhan Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) triwulan II 2021 tercatat 1,49 persen lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan pada triwulan sebelumnya sebesar 1,35 persen.

Harga properti residensial primer diprakirakan tumbuh lebih terbatas pada triwulan III 2021 sebesar 1,12 persen.

"Dari sisi penjualan, hasil survei mengindikasikan penjualan properti residensial di pasar primer pada triwulan II 2021 mengalami penurunan," kata Kepala Kantor Perwakilan (KPW) BI Provinsi Banten Erwin Soeriadimadja, melalui zoom pada saat program BI Mengajar, Jumat (13/8/2021).

Lanjutnya, ini tercermin dari penjualan properti residensial yang terkontraksi 10,01 persen pada triwulan II 2021, menurun dari 13,95 persen pada triwulan sebelumnya.

Baca juga: Viral Perumahan Seion Serang, Bagi THR sampai Rp 40 Juta, Hadiah Brompton-Logam Mulia Tanpa Diundi

"Penurunan penjualan properti yang lebih dalam tertahan oleh penjualan properti tipe rumah menengah yang tetap tumbuh secara positif," tungkasnya.

Pada triwulan II 2021, kata dia, sebesar 66,45 persen dari total kebutuhan modal pembangunan proyek perumahan berasal dari dana internal.

Sementara dari sisi konsumen, pembiayaan perbankan dengan fasilitas KPR tetap menjadi pilihan utama konsumen dalam pembelian properti residensial dengan pangsa mencapai 75,08 persen dari total pembiayaan.

Menurutnya bahwa, berdasarkan sumber pembiayaan, hasil survei menunjukkan bahwa pengembang masih mengandalkan pembiayaan yang berasal dari nonperbankan untuk pembangunan properti residensial.

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved