Breaking News:

Perbaikan Perekonomian, Pemprov Banten Dorong Pengembangan Agrowisata

Pemerintah Provinsi Banten berupaya mengembangkan agrowisata di Provinsi Banten.

Editor: Glery Lazuardi
Istimewa
Peresmian Vila Vanili sekaligus Vaksinasi Covid-19 terhadap 2000 orang di Desa Citeureuep, Panimbang, Kabupaten Pandeglang (Jum’at, 27/8/2021). 

TRIBUNBANTEN.COM - Pemerintah Provinsi Banten berupaya mengembangkan agrowisata di
Provinsi Banten.

Upaya pengembangan
agrowisata berbasis community base tourism.

Pengelolaan destinasi wisata yang melibatkan partisipasi seluruh elemen masyarakat mengembangkan objek wisata dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Gubernur Banten Wahidin Halim mengungkapkan salah satu isu strategis dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Pemerintah Provinsi Banten Tahun 2017-2022 adalah mengurangi disparitas pembangunan antar wilayah di Provinsi Banten.

Hal itu diungkap Gubernur WH dalam sambutan yang dibacakan oleh Asda II Setda Provinsi Banten M Yusuf dalam Peresmian Vila Vanili sekaligus Vaksinasi Covid-19 terhadap 2000 orang di Desa Citeureuep, Panimbang, Kabupaten Pandeglang (Jum’at, 27/8/2021).

Dikatakan, pengembangan agrowisata merupakan salah satu cara untuk memperkecil disparitas pembangunan antar wilayah tersebut.
Karenanya Pemerintah Provinsi Banten telah membentuk BUMD Agribisnis Banten Mandiri untuk mewujudkan kedaulatan pangan di Provinsi Banten dengan cara mengoptimalkan bisnis pertanian dan peternakan. Sehingga terjadi keseimbangan pembangunan wilayah.

Pemerintah Provinsi Banten menyambut baik pembangunan kawasan agrowisata dan budidaya komoditas vanili yang dikembangkan oleh JHL Group.

"Villa Vanili saya harapkan dapat meningkatkan pertumbuhan kawasan dan juga berdampak terhadap pertumbuhan sektor agroindustri di Kabupaten Pandeglang," baca M Yusuf, dalam keterangan yang diterima wartawan, pada Sabtu (29/8/2021).

Sebagai daerah yang memiliki potensi sektor pertanian yang melimpah, diharapkan Villa Vanili bersinergi dengan seluruh stakeholder pertanian untuk mengelola rantai pasok dalam rangka pemberdayaan petani dan sektor pertanian di Provinsi Banten.

Sinergi dengan BUMD Agribisnis Banten Mandiri serta BUMDes juga diperlukan dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas di perdesaan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved