Breaking News:

Ini Daftar Wilayah Rawan Banjir dan Longsor di Pandeglang, Sepanjang Musim Hujan

Sebanyak 20 kecamatan di Kabupaten Pandeglang, Banten masuk dalam wilayah rawan bencana banjir dan tanah longsor.

KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO
Ilustrasi longsor 

Laporan wartawan TribunBanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, PANDEGLANG - Sebanyak 20 kecamatan di Kabupaten Pandeglang, Banten masuk dalam wilayah rawan bencana banjir dan tanah longsor.

Pernyataan itu disampaikan Plt Kepala BPBD Pandeglang, Rahmat Zultika.

Dia memprediksi hujan akan terus berlangsung selama beberapa hari terakhir. Oleh karena itu, dia meminta masyarakat agar waspada.

Sebelumnya telah terjadi banjir bandang di Kecamatan Cimanuk dan tanah longsor di kawasan Gunung Karang, Kecamatan Majasari.
"Masyarakat di bantaran sungai dimohon untuk meningkatkan kewaspadaan saat meningkat curah hujan," ujarnya saat ditemui di Pandeglang, Kamis (16/9/2021).

"Juga harus waspadai hujan angin, antisipasi pengecekan pohon rapuh dan sambungan kabel khawatir terjadi konslet dan timbul kebakaran,".

Untuk daerah rawan banjir sendiri terdapat di beberapa titik kecamatan seperti, Munjul, Pagelaran, Sukaresmi, Panimbang, Cikeusik, Cibaliung, Cimanggu dan Angsana.

Dia mengungkapkan terjadi banjir dan tanah longsor lantaran tiga sungai yang berada di Pandeglang, yakni Ciliman, Cibaliung, dan Cibungur tak dapat menampung curah hujan tinggi.

Untuk daerah rawan longsor sendiri terdapat di daerah pegunungan seperti Gunung Karang dan Pulo Sari yang berada di tengah dan Selatan Pandeglang.

Setidaknya terdapat 12 kecamatan di Pandeglang yang rawan akan longsor dan tanah bergerak seperti, Pandeglang, Cadasari, Mandalawangi, Jiput, Pulosari, Cigeulis, Cibaliung, Sumur, Karangtanjung, Majasari, Pagelaran dan Angsana.

"Namun longsor jarang ya, kemarin di Gunung Karang saja jauh dari pemukiman penduduk, tapi tetap diimbau untuk waspada untuk masyarakat sekitar," ujarnya.

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved