Breaking News:

2 Calon Bertarung Berebut Posisi Ketua KONI Banten: Ada Eks Wali Kota Cilegon Edi Ariadi

TPP Calon Ketua KONI Banten meloloskan 2 nama untuk bertarung memperebutkan posisi Ketua Umum KONI Banten periode 2021-2025. 

Editor: Glery Lazuardi
TribunBanten.com/Mildaniati
Gedung Komite Olahraga Nasional (KONI) Provinsi Banten 

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Tim Penjaringan dan Penjaringan (TPP) Calon Ketua KONI Banten meloloskan 2 nama untuk bertarung memperebutkan posisi Ketua Umum KONI Banten periode 2021-2025. 

Calon pertama adalah AKBP Agus Rasyid yang saat ini menjabat sebagai Direktur Tahanan dan Barang Bukti Polda Banten.

Sedangkan calon kedua adalah Edi Ariadi, mantan Walikota Cilegon yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPW Partai Nasdem Banten. 

Baca juga: Gelar Sekolah Lapang Iklim untuk Petani, Upaya Distan Provinsi Banten Antisipasi Dampak La Nina

Menurut Ketua TPP Koswara Purwasasmita, sebenarnya ada 3 bakal calon yang mendaftarkan diri sejak awal hingga akhir Oktober lalu.

Namun hanya 2 nama yang kemudian dinyatakan memenuhi persyaratan dukungan minimal 20 pemilik suara. 

"Pak Agus mengantongi 24 dukungan sementara Pak Edi memperoleh 35 dukungan dari total 71 pemilik suara. Sedangkan satu nama balon yang gugur adalah Ajat Sudrajat dengan tanpa dukungan, " papar Koswara, dalam keterangan yang diterima pada Kamis (25/11/2021).

Dijelaskan pula, awalnya Agus Rasyid membawa 31dukungan sedangkan Edi Ariadi memboyong 41 dukungan.

Tapi setelah proses verifikasi yang dilakukan TPP, maka ada dukungan yang dianggap gugur. 

Baca juga: Pemprov Banten Kebut Target Vaksin Lansia Capai 40 Persen di Kota Cilegon dan Serang

Sementara, menjawab pertanyaan wartawan terkait status AKBP Agus Rasyid sebagai pejabat struktural, Koswara menjelaskan bahwa pihaknya sudah berkonsultasi dengan Bidang Organisasi KONI Pusat. 

Menurut KONI Pusat, aturan pejabat publik dan struktural tak boleh jadi pengurus harian KONI memang ada di UU No 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional.

Tapi, larangan itu tidak ada di AD/ART KONI. Dengan demikian, KONI Pusat mempersilakan TPP menerima pencalonan Agus Rasyid serta melanjutkan tahapan pencalonan. 

"Demikian hasil konsultasi kami dengan KONI Pusat terutama Bidang Organisasi, beberapa waktu lalu. Kalau ada yang tidak berkenan dengan keputusan ini, kami persilahkan untuk menggugat ke Baori (Badan Arbitrase Olahraga Indonesia)," tambah Kosasih. 

Selanjutnya, 2 nama tersebut akan dibawa ke ajang Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) yang akan digelar 14 Desember nanti. Di Musorprov inilah keduanya akan memaparkan visi misi serta dipilih oleh para pemilik suara. Ketua KONI Banten terpilih akan dilantik awal 2022.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved