Breaking News:

PLN UID Banten Mencatat ada 65 Kali Gangguan Listrik akibat Layang-layang, Total Durasi 3.379 Menit

Bermain layang-layang di sekitar jaringan bisa menyebabkan terganggunya pasokan listrik.

dokumentasi PLN
Sudah ada 65 kali gangguan listrik selama Januari-November 2021 karena layang-layang. Dari data PLN UID Banten, total gangguan itu tercatat selama 3.379 menit. 

TRIBUNBANTEN.COM, TANGERANG - Sudah ada 65 kali gangguan listrik selama Januari-November 2021 karena layang-layang.

Dari data PLN UID Banten, total gangguan itu tercatat selama 3.379 menit.

Bermain layang-layang di sekitar jaringan bisa menyebabkan terganggunya pasokan listrik.

Senior Manager Distribusi PLN UID Banten, Putu Eka Astawa, mengatakan apalagi jika layang-layang menggunakan tali kawat.

Baca juga: Transisi Ekosistem Kendaraan Listrik, PLN: Perlu Standardisasi, Bisa Mengakselerasi Konversi

“Ini dapat  sangat berbahaya. Kawat tersebut dapat menghantarkan listrik dan ketika mengenai jaringan listrik PLN akan menyebabkan hubungan singkat atau korsleting yang dapat membahayakan nyawa," ujarnya.

Selain itu, bisa berakibat terganggunya pasokan listrik yang tentunya turut mempengaruhi pasokan listrik ke rumah sakit rujukan Covid 19, sentra vaksinasi, dan produsen oksigen yang sangat penting peranannya.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak lagi bermain layang-layang di sekitar jaringan listrik PLN, apalagi menggunakan layang-layang bertali kawat yang dapat menghantarkan listrik," katanya.

Dia memahami bermain layang-layang adalah satu di antara hobi yang digemari.

Namun, masyarakat wajib memperhatikan lokasi tempat bermain layang-layang.

PLN mengimbau masyarakat untuk tidak bermain layang-layang di sekitar instalasi saluran udara tegangan tinggi (SUTT) 150.000 volt dan saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET) 500.000 volt.
PLN mengimbau masyarakat untuk tidak bermain layang-layang di sekitar instalasi saluran udara tegangan tinggi (SUTT) 150.000 volt dan saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET) 500.000 volt. (dokumentasi PLN)

"Pilihlah lokasi yang lapang dan jauh dari jaringan listrik sehingga tidak menimbulkan bahaya, baik bagi pemainnya maupun gangguan di jaringan listrik," ucapnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved