Breaking News:

Sah! Tarif Listrik dan Harga Rokok akan Naik pada 2022, Ini Rinciannya

Sejumlah barang dan komoditas kebutuhan masyarakat diperkirakan akan mengalami kenaikan pada awal 2022.

Editor: Glery Lazuardi
KOMPAS.com/ADE MIRANTI KARUNIA SARI
Ilustrasi rokok (Pixabay) 

TRIBUNBANTEN.COM - Sejumlah barang dan komoditas kebutuhan masyarakat diperkirakan akan mengalami kenaikan pada awal 2022.

Di antaranya adalah tarif listrik dan harga rokok. Termasuk harga minyak goreng yang sudah naik pada bulan Desember 2021 ini.

Berikut daftar item kebutuhan yang akan mengalami kenaikan tarif pada 2022:

1. Tarif listrik

Diberitakan Kompas.com, 10 Desember 2021, pemerintah mempertimbangkan kembali penyesuaian tarif listrik bagi 13 golongan pelanggan PLN nonsubsidi mulai 2022.

Rencana penyesuaian tarif listrik ini telah disepakati Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) dan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan, rencana penyesuaian tarif listrik tersebut bakal dilakukan jika kondisi pandemi Covid-19 sudah semakin membaik.

"Apakah 2022 akan diterapkan tariff adjustment? Jadi kami sepakat dengan Banggar kalau sekiranya Covid-19 ini semakin membaik, kompensasi tarif adjustment itu diberikan hanya enam bulan, selebihnya tarifnya harus disesuaikan," kata Rida.

Baca juga: Libur Tahun Baru 2022, Ini Daftar Harga Tiket Pesawat Murah Jakarta-Bali, Mulai Rp 588 Ribuan

Rida menjelaskan, dalam penetapan tarif PLN terbagi menjadi dua golongan, yaitu pelanggan bersubsidi dan pelanggan nonsubsidi.

Ada sebanyak 25 golongan pelanggan yang diberikan subsidi oleh pemerintah, sedangkan 13 golongan pelanggan nonsubsidi tarif listriknya bisa berfluktuasi.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved