Breaking News:

Kabar Baik: Ibadah Haji dan Umrah Tak Perlu Jaga Jarak, Aturan Pembatasan Covid-19 Telah Dicabut

Kabar baik untuk para calon Jemaah haji dan Umroh, kini Arab Saudi telah mencabut aturan Covid-19 dan telah melonggarkan protokol kesehatan di negaran

Editor: Anisa Nurhaliza
Kementerian Media Saudi/AFP
Sebuah gambar selebaran yang disediakan oleh Kementerian Media Saudi pada 31 Juli 2020 menunjukkan para jamaah yang berkeliling di sekitar Ka'bah, tempat suci paling suci di Masjidil Haram di kota suci Saudi, Mekah. Jemaah haji Muslim berkumpul hari ini di Gunung Arafat Arab Saudi untuk klimaks haji tahun ini, yang terkecil di zaman modern dan kontras dengan kerumunan besar tahun-tahun sebelumnya. 

TRIBUNBANTEN.COM - Kabar baik untuk para calon Jemaah haji dan Umroh, kini Arab Saudi telah mencabut aturan Covid-19 dan telah melonggarkan protokol kesehatan di negaranya.

Bahkan, masyarakat tak perlu lagi menjaga jarak dan menggunakan masker di tempar terbuka, namun tetap diwajibkan menggunakan masker di dalam ruangan.

Terkait pencabutan aturan tersebut telah disampaikan oleh Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, Sabtu (5/3/2022), dikutip dari Anadolu Agency.

Selain itu, Kementrian Dalam Negeri Arab Saudi mengatakan bahwa jemaah haji juga tak perlu jaga jarak pada saat di Masjid, termasuk di tempat ibadah lainnya yang berada di tempat suci Makkah dan Madinah.

Baca juga: Masuk Arab Saudi Tak Perlu Karantina dan Tes PCR

Namun, masker tetap harus digunakan.

Tak hanya itu, Kerjaan Arab Saudi juga tak lagi mewajibkan para pelancong untuk mengikuti karantina jika hendak memasuki negaranya.

Bahkan tes PCR Covid-19 pun tak perlu diberikan.

Seperti diketahui, keputusan yang telah diresmikan ini diambil pemerintah Arab Saudi dengan mempertimbangkan keberhasilan dan tingkat kekebalan program vaksin nasional dalam memerangi Covid-19.

Kabar dicabutnya pembatasan di Arab Saudi juga dikonfirmasi ole Kabid Umrah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri), Zaky Zakaria.

Baca juga: Sosialisasi Penundaan Ibadah Haji, Kemenag Banten-Komisi VIII DPR Imbau Warga Jangan Percaya Hoaks

Zaky menyebut aturan pencabutan pembatas Covid-19 ini tertuang pada surat edaran General Authority of Civil Aviation (GACA) Arab Saudi.

Menurut Zaky, kebijakan ini juga memberi angin segar kepada calon jemaah haji dan umrah.

Dengan adanya kebijakan ini, Zaku menyakin ibadah haji pasti akan digelar tahun ini.

Meskipun, jumlah kuota internasionalnya masih dibatasi.

"Sudah otomatis haji akan dibuka tapi infonya masih dibatasi kuota internasionalnya," kata Zaky, dikutip dari TribunAmbon.com, Minggu (6/3/2022).

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved