Breaking News:

Mudik Lebaran

Puncak Arus Mudik, Begini Persiapan di Gerbang Tol Merak pada Kamis 28 April Malam

Pihak Pengelola Pintu Gerbang Tol (GT) Merak mengoperasikan empat gardu exit dan dua gardu tandem.

Penulis: Sopian Sauri | Editor: Glery Lazuardi
TribunBanten.com/Sopian Sauri
Situasi terkini di Pelabuhan Merak: Sambil diguyur hujan, ribuan kendaraan pemudik memadati semua dermaga yang ada di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon Banten, Rabu (27/4/2022). 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Sopian Sauri

TRIBUNBANTEN.COM, KOTA CILEGON - Pihak Pengelola Pintu Gerbang Tol (GT) Merak mengoperasikan empat gardu exit dan dua gardu tandem.

Upaya itu dilakukan untuk mengurangi antrean kendaraan di ruas tol.

Namun, karena kepadatan arus lalu lintas di Jalan Cikuasa Atas maupun Bawah, maka terjadi penumpukan kendaraan bermotor.

Baca juga: Padat! Ratusan Kendaraan Antre di Dermaga 6 Pelabuhan Merak pada Kamis Sore

Kepala Departemen Manajemen CSR dan Humas PT Marga Mandala Sakti (MMS), Uswatun Hasanah, mengatakan pihaknya mengoptimalkan seluruh gardu khusus di GT Merak untuk mengantisipasi antrean arus mudik.

"Kami optimalkan seluruh gardu, khusus di GT Merak ada 4 gardu exit, 2 gardu tandem tambahan dan mobile reader yang digunakan petugas tambahan jemput bola ke pengguna jalan," saat dikonfirmasi melalui pesan elektroniknya, Kamis (28/04/2022).

Dia mengimbau agar pe mudik memanfaatkan rest area yang ada untuk beristirahat dan tidak terburu-buru sampai ke Pelabuhan Merak.

Jika pe mudik memanfaatkan rest area untuk beristirahat, bisa mengurangi kepadatan arus lalu lintas menuju Pelabuhan Merak.

Pilihan lainnya, pe mudik bisa memilih keluar melalui GT Cilegon Timur maupun GT Serang Barat dan melewati jalan protokol yang menyediakan banyak lokasi istirahat, tempat ibadah hingga tempat makan.

"Kami juga intensif memberikan imbauan kepada pengguna jalan yang menuju ke Merak melalui VMS dan informasi di GT Cikupa agar dapat memanfaatkan rest area km 68 A," terangnya.

Baca juga: Antisipasi Kemacetan saat Mudik Lebaran, Gerbang Tol Merak dan Cikupa Terapkan Sistem Buka-Tutup

Jika pe mudik yang terjebak kemacetan di ruas tol Tangerang- Merak, terutama di GT Merak, bisa memanfaatkan musala hingga toilet yang ada di kantor PT MMS.

Di lokasi itu juga disediakan pelayanan kesehatan gratis untuk pe mudik.

"Fasilitas pendukung yang kami sediakan di GT Merak baik untul toilet, maupun ibadah shalat. Di GT Merak sendiri kami menambahkan wc portable dan ada fasilitas pos kesehatan. Kami menyediakan portable toilet di beberapa titik di jalur menuju ke Merak maupun Jakarta mulai dari KM 94," tambahnya.

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved