Breaking News:

Pemilihan Nama Stadion 'Banten International Stadium' Bakal Dikaji Ulang? Ini Jawabannya

Pemilihan Nama Stadion 'Banten International Stadium' Bakal Dikaji Ulang? Ini Jawabannya

Penulis: Ahmad Tajudin | Editor: Ahmad Haris
TribunBanten.com/Ahmad Tajudin
Suasana peresmian Banten International Stadium, Senin (9/5/2022) malam. 

Laporan Wartawan Tribun Banten.com, Ahmad Tajudin

TRIBUNBANTEN.COM, KOTA SERANG - Pemerintah Provinsi Banten telah meresmikan Banten International Stadium'> Banten International Stadium (BIS) pada 9 Mei 2022.

Meski telah diresmikan, namun penamaan Banten International Stadium'> Banten International Stadium mendapat sorotan dari sejumlah pihak.

Di antaranya datang dari mantan anggota Ombudsman RI, Alvin Lie.

Dalam akun twitter pribadinya, Alvin Lie menyoroti terkait penamaan stadion BIS yang ada di Banten dan juga stadion JIS yang ada di Jakarta.

Baca juga: Banten International Stadium Diresmikan, Calon Markas RANS Cilegon FC? Ini Jawabannya

Alvin Lie menyarankan agar penamaan stadion yang ada di Banten dan di Jakarta agar merujuk pada UU 24 tahun 2009 pasal 36 ayat (3).

Dalam UU tersebut, disebutkan bahwa "Bahasa Indonesia wajib digunakan untuk nama bangunan atau gedung, jalan, apartemen atau permukiman, perkantoran, kompleks perdagangan, merek dagang, lembaga usaha, lembaga pendidikan, organisasi yang didirikan atau dimiliki oleh warga negara Indonesia atau badan hukum Indonesia,".

Sementara penamaan yang digunakan BIS tidak menggunakan bahasa Indonesia.

Menanggapi hal itu, Pj Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan, bahwa pihaknya akan mengkajinya terlebih dahulu.

"Yang jelas Internasional itu kan sudah adop bahasa, dalam kamus bahasa Indonesia ada kata-kata Internasional. Nanti kita cek," ujarnya kepada wartawan saat di depan kantornya, Jumat (13/5/2022).

Disampaikannya, bahwa pada prinsipnya dalam penamaan stadion itu harus sesuai dengan perundang-undangan.

Sehingga ketika akan melakukan peninjauan ulang, pihaknya akan menyesuaikan aturan itu sesuai dengan perundang-undangan.

"Karena kita melaksanakam tugas sesuai peraturan perundang-undangan. Nanti kita cek, kalau ada yang belum sesuai nanti kita sesuaikan," tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Provinsi Banten M. Rachmat Rogianto menambahkan, bahwa untuk sementara waktu masih menggunakan nama Banten International Stadium'> Banten International Stadium.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved