Breaking News:

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum Fast Charging PLN di Borobodur dan Prambanan Diresmikan

Green Tourism adalah merupakan konsep wisata yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

dokumentasi PLN
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meresmikan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yang dibangun PLN di kawasan Candi Borobudur, Magelang, dan Candi Prambanan, Yogyakarta, Sabtu (4/6/2022). 

TRIBUNBANTEN.COM - Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengapresiasi PLN dalam mendukung kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB), khususnya di kawasan destinasi wisata.

Apresiasi itu dikatakan Luhut saat meresmikan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yang dibangun PLN di kawasan Candi Borobudur, Magelang, dan Candi Prambanan, Yogyakarta, Sabtu (4/6/2022).

Peresmian SPKLU ini dihadiri Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Abdullah Azwar Anas, dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Baca juga: SPKLU di Provinsi Banten Bertambah Jadi 5, Makin Memudahkan Pengguna Kendaraan Listrik Mengisi Daya

Selain itu, juga Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana, serta Direktur Bisnis Regional Jawa Madura dan Bali PLN, Haryanto WS, dan Direktur Utama PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) Edy Setijono.

SPKLU Fast Charging yang berada di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) ini merupakan pengisian kendaraan listrik umum Green Tourism pertama di Pulau Jawa.

Green Tourism adalah merupakan konsep wisata yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Luhut mengatakan adanya SPKLU yang ada di Kawasan Candi Borobudur dan Candi Prambanan untuk mendukung kendaraan operasional berbasis listrik dan bisa dimanfaatkan masyarakat.

"Ini juga bisa menjadi bukti bahwa Indonesia serius dalam mengembangkan kendaraan listrik dan menciptakan energi bersih," kata Luhut.

Dia bahkan mendorong semua DPSP untuk mengganti semua kendaraan berbasis fosil (yang menggunakan bahan bakar minyak) menjadi kendaraan berbasis listrik.

Hal ini sesuai dengan rencana pemerintah untuk mencipatakan Green Tourism sebagai wujud komitmen Indonesia terhadap energi bersih.

Baca juga: Dukung Program Konversi 1.000 Unit Motor BBM ke Motor Listrik, PLN Targetkan 580 SPKLU pada 2022

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved