Breaking News:

China Makin Kuat, Armada Militernya Berkembang 5 Kali Lebih Cepat, Jenderal AS Semakin Waspada

Kehebatan militer China dalam mengembangkan senjata perang tak bisa diragukan lagi.

Editor: Ahmad Haris
AFP via Tribunnews.com
Tangkapan layar yang dibuat dari video yang dirilis oleh CCTV penyiar negara China ini menunjukkan upacara peluncuran Fujian, kapal induk Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), di galangan kapal di Shanghai pada 17 Juni 2022. China pada 17 Juni meluncurkan kapal induk ketiganya, yang pertama dirancang dan dibangun seluruhnya di negara ini, menandai kemajuan militer besar-besaran untuk negara adidaya Asia. China semakin kuat di bidang militer. 

TRIBUNBANTEN.COM - China semakin kuat di bidang militer.

Kehebatan militer China dalam mengembangkan senjata perang tak bisa diragukan lagi.

Berbagai alat penunjang perang yang futuristik dan canggih pun mulai dipamerkan Beijing pada dunia.

Baca juga: Lebih Mengerikan Dibanding Invasi Rusia, AS Siap Perang Melawan China Jika Nekat Serang Taiwan

Bahkan, saking cepatnya China dalam memproduksi dan mengembangkan senjata, membuat negeri tirai bambu ini dinobatkan sebagai salah satu negara militer terkuat.

Pejabat pertahanan Pentagon ( Amerika Serikat), Mayor Jenderal Cameron Holt menyatakan, bahwa China memiliki peralatan militer lima hingga enam kali lebih cepat dibanding AS.

Hal inilah yang membuat AS khawatir apabila kemampuan militernya bisa kalah dengan peralatan perang China.

Mengutip Tribunnews seperti dilansir dari News Delivers, perkembangan militer China bisa mengalami kemajuan pesat, setelah pejabat Beijing mengubah semua sistem sumber dayanya, hingga membuat China dapat memproduksi senjata dengan harga yang jauh lebih murah.

“Pengembangan senjata Beijing dilakukan dengan biaya rendah, tetapi dapat memberikan keuntungan strategis yang tidak dapat diabaikan oleh Washington," jelas Mayor Jenderal Cameron Holt, perwira tinggi Angkatan Udara Pentagon.

"Mereka menghabiskan sekitar 1 dolar AS hingga 20 dolar AS untuk mendapatkan kemampuan yang sama dengan kami," lanjut Cameron Holt.

Situasi ini berbanding terbalik dengan AS, hingga jendral Holt memperingatkan para pejabat di wilayahnya untuk segera mengubah sistem alokasi dana yang lambat dan tidak fleksibel.

Sebagai informasi, sebelumnya AS memberlakukan aturan yang tidak efisien, dimana para pemegang dana akan menganalisis jenis teknologi apa yang akan dibutuhkan angkatan militernya.

Dengan semua proses panjang tersebut setidaknya para militer Pentagon, memerlukan waktu kurang lebih 4 tahun sampai pengajuan senjata mereka selesai direvisi komite AS.

Baca juga: Puluhan Pesawat China Masuk Zona Udara Taiwan, Jet Tempur Dikerahkan untuk Mengusir

Alasan inilah yang membuat pengadaan alat senjata di AS mengalami perlambatan.

“Amerika perlu memiliki rasa urgensi tentang persaingan kekuatan besar, karena China berperang melawan sistem internasional yang dibentuk setelah Perang Dunia II," tambah Holt.

Selain memicu kekhawatiran AS, menguatnya status militer China juga telah meningkatkan ketegangan konflik antara Beijing dengan Taiwan, terkait sengketa teritorial di kawasan laut China Selatan.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com, dengan judul "Armada Militer China Berkembang 5 Kali Lebih Cepat, Jenderal Pentagon Tingkatkan Kewaspadaan"

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved