Breaking News:

Pernah Bela Ahok, Ini Profil dan Rekam Jejak Ronny Talapessy Pengacara Baru Bharada E

Orang tua Bharada Richard Eliezer atau Bharada E menunjuk Ronny Talapessy untuk membela anaknya dalam kasus pembunuhan Brigadir J.

Editor: Abdul Rosid
Tribunnews.com
Profil Singkat Ronny Talapessy pengacara baru Bharada E. 

TRIBUNBANTEN.COM - Orang tua Bharada Richard Eliezer atau Bharada E menunjuk Ronny Talapessy untuk membela anaknya dalam kasus pembunuhan Brigadir J.

Ronny Talapessy resmi jadi pengcara Bharada E sejak Rabu (10/8/2022.

"Kan atas pembicaraan keluarga mereka kan pengennya kan nyaman sama lawyer yang mereka kenal kan," kata Ronny saat dihubungi, Jumat (12/8/2022), dilansir Tribunnews.com.

"Jadi saya bertemu keluarga, sesudah itu sepakat saya akan membantu Bharada E, akhirnya saya ditunjuk sebagai lawyer-nya," imbuhnya.

Baca juga: Profil dan Biodata AKP Rita Yuliana, Polwan Cantik yang Sempat Tranding Google dan Sosmed

Lantas, seperti apa rekam jejak Ronny Talapessy sebagai advokat?

Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPP PDIP DKI Jakarta pernah menangani beberapa klien yang cukup terkenal di Indonesia.

Di tahun 2014, Ronny menggugat Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), yang masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, atas Pergub DKI Nomor 195 Tahun 2014 tentang Pembatasan Lalu Lintas Sepeda Motor.

Ronny bersama tim advokasi Indonesia Traffic Watch (ITW), meminta uji materi atas peraturan itu, ke Mahkamah Agung (MA), sebagaimana diberitakan Kompas.com.

Gugatan itu dilayangkan karena aturan tersebut dinilai bertentangan dengan UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ dan Perda DKI Nomor 5 Tahun 2004 tentang Transportasi.

Kendati demikian, pada 2017, Ronny Talapessy tergabung dalam tim kuasa hukum Ahok ketika terjerat kasus dugaan penistaan agama, buntut pidatonya yang mengutip surat Al-Maidah ayat 51.

Dikutip dari Kompas.com, Ahok divonis dua tahun oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara karena dinilai memenuhi unsur tindak pidana penodaan agama dan menimbulkan kegaduhan.

Dalam catatan Tribunnews.com, Ronny juga pernah menjadi kuasa hukum aktor Tio Pakusadewo pada 2017, yang terjerat penyalahgunaan narkoba.

Ronny Talapessy resmi jadi pengcara Bharada E sejak Rabu (10/8/2022).
Ronny Talapessy resmi jadi pengcara Bharada E sejak Rabu (10/8/2022). (Kloase)

Fokus pada Materi Penyidikan

Ronny Talapessy yang kini menjadi kuasa hukum baru Bharada E, langsung tancap gas setelah ditunjuk secara resmi oleh orang tua kliennya.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved