Breaking News:

Pilkada 2024

Andika Hazrumy Jadi Calon Bupati Serang, Pengamat Politik: Berpotensi Menang, Tidak Turun Grade

Dia menepis asumsi penurunan kelas bagi Andika yang sebelumnya menjadi wakil gubernur Banten periode 2017-2022.

dokumentasi
Andika Hazrumy. Pengamat politik dari Lembaga Survei Politik Indonesia (LSPI) Rachmayanti Kusumaningtyas menilai Andika berpotensi menang. 

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Tiba-tiba Partai Golkar memutuskan untuk mencalonkan mantan gubernur Banten Andika Hazrumy sebagai calon bupati Serang pada Pilkada 2024.

Ketua DPD Partai Golkar Banten Ratu Tatu Chasanah mengatakan partai menggunakan strategi piramida.

“Kita kuatkan dulu calon calon di kabupaten/kota, tata calon bupati dan calon wali kota terlebih dahulu, karena itu akan memudahkan di puncaknya, yakni pilkada gubernur,” ujarnya, belum lama ini.

Baca juga: 7 Tokoh Potensial Diprediksi Bakal Bersaing di Pilkada Banten 2024

Pengamat politik dari Lembaga Survei Politik Indonesia (LSPI) Rachmayanti Kusumaningtyas menilai Andika berpotensi menang jika ikut serta pada Pilbup Serang 2024.

Dia menepis asumsi penurunan kelas bagi Andika yang sebelumnya menjadi wakil gubernur Banten periode 2017-2022.

Rachmayanti mencontohkan mantan Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf atau Gus Ipul yang juga pernah menjabat Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal pada 2004-2007.

Gus Ipul juga menjabat wakil gubernur Jawa Timur sejak 12 Februari 2009 hingga 12 Februari 2019 dan sekarang sebagai wali kota Pasuruan sejak 26 Februari 2021.

"Intinya tidak turun grade. Publik tidak menganggap Gus Ipul turun derajat, malah menyebutnya sebagai figur yang tidak ada matinya," katanya melalui rilis yang diterima TribunBanten.com, Selasa (16/8/2022).

Menurut Rachmayanti, majunya seseorang di pilkada pertama-tama tidak diukur dari tinggi atau rendahnya level posisi yang diperebutkan.

Namun dari kemampuan figur, penerimaan pemilih, kemudian popularitas dan elektabilitas.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved