Breaking News:

Banten Masuk Daftar 12 Provinsi dengan Tingkat Stunting Paling Tinggi di Indonesia

Provinsi Banten masuk ke dalam daftar 12 provinsi dengan angka stunting paling tinggi di Indonesia pada tahun 2022

Editor: Abdul Rosid
Tribunnews.com
Provinsi Banten masuk ke dalam daftar 12 provinsi dengan angka stunting paling tinggi di Indonesia pada tahun 2022 

TRIBUNBANTEN.COM - Sebanyak 12 provinsi di Indonesia masuk ke dalam daftar angka stunting paling tinggi, salah satunya Banten.

Ke-12 provinsi dengan dengan angka stunting paling tinggi di Indonesia di antaranya, Aceh, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten dan Sumatra Utara.

Hal tersebut menjadi pembahasan Presiden Jokowi dalam pidatonya di sidang Tahunan MPR-RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022, yang berlangsung di Gedung DPR RI, Selasa (16/8/2022).

Baca juga: Wisata Banten: 13 Wisata Populer di Provinsi Banten yang Wajib Dikunjungi

Dalam sidang tersebut, Presiden Jokowi menyinggung soal pengentasan stunting di Indonesia yang harus dipercepat.

Menurutnya, percepatan penurunan stunting merupakan program yang paling penting karena terkait pembangunan manusia Indonesia yang lebih berdaya saing di masa depan.

"Saudara-saudara se-Bangsa dan se-Tanah Air, Semua agenda tersebut harus ditopang oleh manusia Indonesia yang unggul. Oleh karena itu, dibidang kesehatan, stunting harus cepat dipangkas. Layanan promotif dan preventif serta layanan pengobatan harus semakin kuat dan merata," kata Jokowi.

Pemerintan pun mengalokasikan anggaran sebesar Rp169,8 triliun untuk sektor kesehatan dalam rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara (RAPBN) 2023. APBN yang disiapkan tahun depan sebesar Rp3.041,7 triliun.

Jokowi menyebut, anggaran kesehatan akan difokuskan untuk melanjutkan penanganan pandemi Covid-19, reformasi sistem kesehatan, percepatan penurunan stunting, serta kesinambungan program JKN.

"Anggaran kesehatan direncanakan sebesar Rp169,8 triliun atau 5,6 persen dari belanja negara. Percepatan penurunan stunting dilakukan melalui perluasan cakupan seluruh kabupaten/kota di Indonesia, dengan penguatan sinergi berbagai institusi," kata Presiden Joko Widodo dalam pidato kenegaraan RAPBN 2023 dan Nota Keuangannya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Disinggung Presiden Jokowi, Ini 12 Provinsi Prioritas Penurunan Angka Stunting

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved