Breaking News:

6 Warga Baduy Meninggal Dunia Secara Misterius, Dinkes Lebak Jelasan Penyebabnya

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak menindaklanjuti terkait 6 warga baduy yang ramai di pemberitaan meninggal secara misterius.

Penulis: Nurandi | Editor: Ahmad Haris
TribunBanten.com/Nurandi
Bidan Desa melakukan pemeriksaan kesehatan kepada warga Baduy, di perkampungan Baduy, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak. 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Nurandi

TRIBUNBANTEN.COM, LEBAK - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak menindaklanjuti adanya 6 warga Baduy yang ramai diberitakan meninggal secara misterius.

Dinkes Lebak melalui Tim Tenaga Kesehatan (Nakes) dari Puskesmas Cisimeut dan para relawan saat ini, tengah menyisir wilayah perkampungan suku Adat Baduy di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar.

Tindakan yang dilakukan Dinkes tersebut, untuk memastikan pemberitaan mengenai 6 warga Baduy yang meninggal dunia secara misterius, dalam rentan waktu 1 bulan terakhir.

Baca juga: Warga Baduy Akhirnya Punya Perda Desa Adat

Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Lebak dr Firman Rahmatullah mengatakan, pihaknya tengah mencari tahu, dan memastikan penyebab kenapa warga tersebut meninggal.

"Sejak ramai pada hari Sabtu (10/9/2022) kemarin, kami langsung menurunkan nakes untuk mencari kebenaran berita tersebut, kami juga melakukan penyisiran di beberapa kampung," katanya saat dihubungi TribunBanten.com, Selasa (13/9/2022).

Dirinya menyebutkan, Nakes sudah diturunkan sejak kemarin pada Senin (12/9/2022) dan melakukan penyisiran.

"Karena di Baduy ini ada banyak kampung, jadi butuh waktu karena jarak antar kampung cukup jauh, bisa ditempuh dengan waktu 1-2 jam," ujarnya.

Total perkampungan yang ada di Baduy sendiri, baik Baduy Luar dan Baduy Dalam ada 40 kampung, yang semuanya berada di Kecamatan Leuwidamar.

Firman menyampaikan, warga yang meninggal itu bukan disebabkan oleh penyakit misterius.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved