Breaking News:

Risma Jawab Sindiran AHY Soal Bansos BLT BBM, 'Berbeda Kondisi'

Mentri Sosial atau Mensos Tri Rismaharini menjawab sindiran Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) soal Bansos BLT BBM.

Editor: Abdul Rosid
TRIBUN/DANY PERMANA
Mentri Sosial atau Mensos Tri Rismaharini menjawab sindiran Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) soal Bansos BLT BBM. 

TRIBUNBANTEN.COM - Mentri Sosial atau Mensos Tri Rismaharini menjawab sindiran Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY) soal Bansos BLT BBM.

AHY mengatakan bahwa sewaktu sang ayah menjabat sebagai Presiden Indonesia dihina soal BLT.

Namun, konsep BLT tersebut kini malah ikut diterapkan di era Presdien Jokowi.

Baca juga: Koruptor e-KTP Dapat Remisi 6,5 Tahun, Dirjen Dukcapil Bebas dari Lapas Sukamiskin

Sindirian itu dijawab oleh Risma, ia mengatakan, pemerintah menggulirkan BLT bagi masyarakat karena kondisi sekarang tidak stabil.

“Jadi sebetulnya yang disampaikan karena saat kita tahu memang ada kondisi yang tidak stabil, tidak seperti biasanya maka diturunkan BLT BBM,” kata Risma dala keterangan pers di Istana Jakarta, Jumat, (16/9/2022).

Ketidakstabilan tersebut menurut Risma bukan hanya terjadi di Indonesia melainkan juga negara lain di dunia. Ketidakstabilan terjadi karena Pandemi Covid 19 dan juga krisis energi.

“Ini kan bukan terjadi hanya di Indonesia tapi di seluruh dunia jadi makanya diturunkan BBM. kemudian kemarin diturunkan pada saat kemarin terjadi Covid jadi seperti itu,”katanya.

Berdasarkan amanat UUD 1945 pasal 34, Risma mengatakan bahwa fakir, miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara. Atas dasar itulah pemerintah menggulirkan BLT BBM.

“Jadi itu lah konsepnya,” pungkasnya.

Sebelumnya Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY) sempat menyinggung pemberian Bantuan Lansung Tunai (BLT) yang saat ini diterapkan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

AHY menyebut, pemberian BLT merupakan program yang sudah digunakan saat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi presiden RI pada 2004 hingga 2014.

Baca juga: DPR RI dan Kemensos Pelototi Penyaluran Bansos BLT BBM di Lebak

Dikatakan AHY, kala itu BLT sempat dihina karena dianggap menghamburkan duit negara, namun kini tetap dilanjutkan untuk membantu perekonomian rakyat.

Hal itu disampaikannya dalam pidato pembukaan dalam rapat pimpinan nasional (rapimnas) Partai Demokrat, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (15/9/2022).

"Dulu di hina-hina BLT kita, ‘apa itu BLT hanya untuk menghambur-hamburkan uang negara?’ dibilang kita tak punya cara lain. Padahal itu lah cara yang bijaksana untuk membantu rakyat miskin. Betul,” kata AHY.

Namun demikian, AHY tetap mengapresiasi dan mendukung pemerintahan saat ini yang mengucurkan dana mendukung program pemberian BLT untuk masyarakat.

"Sekarang BLT? Its okay, sesuatu yang bagus kalau dilanjutkan kan enggak apa-apa, enggak usah malu-malu juga," tandas AHY.

 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Respon Sindiran AHY Soal BLT BBM, Ini Jawaban Menteri Sosial Risma

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved