Breaking News:

Orang Indonesia pertama Dapat Gelar "Sir" dari Kerajaan Inggris Wafat, Ini Kiprah Azyumardi Azra

Intelektual Muslim Azyumardi Azra meninggal dunia pada Minggu (18/9/2022) di Malaysia pada usia 67 tahun.

Editor: Ahmad Haris
KOMPAS/KRISTIANTO PURNOMO
Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Azyumardi Azra memberikan siraman rohani pada perayaan syukuran dan peluncuran buku HUT Ke-50 Harian Kompas di Bentara Budaya Jakarta, Minggu (28/6/2015). 

TRIBUNBANTEN.COM - Intelektual Muslim Azyumardi Azra meninggal dunia pada Minggu (18/9/2022) di Malaysia pada usia 67 tahun.

Cendekiawan Muslim yang juga mantan Rektor UIN Jakarta itu, dilaporkan mengalami serangan jantung di pesawat, saat dalam perjalanan dari Jakarta menuju Malaysia.

Azyumardi Azra yang kini menjabat Ketua Dewan Pers tersebut meninggal dunia, setelah menjalani perawatan intensif karena serangan jantung, di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia.

Mengutip Kompas.com, Azyumardi Azra melawat ke Malaysia dalam rangka memenuhi undangan dari Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM).

Undangan itu untuk menghadiri Konferensi Internasional Kosmopolitan Islam yang dilaksanakan di Selangor, Malaysia, pada 17 September.

Kabar wafatnya Azyumardi Azra juga dikonfirmasi oleh sejumlah tokoh, seperti Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir melalui akun Twitter-nya.

"Kita sungguh kehilangan atas meninggalnya Prof Dr Azyumardi Azra di Malaysia. Beliau ke Negeri Jiran dalam perjalanan berbagi ilmu sehingga terkategori sahid di jalan Allah," tulis Haedar, Minggu (18/9/2022).

Orang Indonesia pertama peraih gelar "Sir"

Pada 2010, Azra menerima gelar Commander of the Order of British Empire (CBE) dari Kerajaan Inggris.

Dengan gelar itu, ia berhak mencantumkan "Sir" di depan dan CBE di belakang namanya.

"Pengakuan luar biasa untuk Indonesia," kata Azra dikutip dari pemberitaan Harian Kompas, 10 Oktober 2010.

Sebagai informasi, urutan gelar dari Kerjaan Inggris paling tinggi adalah "pahlawan" atau Knighthood of the Order of British (KBE), CBE, OBE, dan terendah "anggota" atau Member of the Order of British (MBE).

Pesepak bola David Beckham juga pernah menerima Officer of the Order of British Empire (OBE), di bawah CBE.

Azra menjadi orang Indonesia pertama yang meraih gelar CBE. Padahal, gelar tersebut saat itu hanya diberikan kepada warga Inggris atau warga negara persemakmuran bekas jajahan Inggris.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved