Breaking News:

Wakili Emak-emak, Mulan Jameela Kritik Kompor Induksi Bisa Buat Masalah Baru, Banjir Pujian Netizen

Menjabat sebagai anggota DPR RI Komisi VII, Mulan Jameela menyuaran kritik soal kejibakan koversi kompor LDG ke induksi.

Instagram/Mulan Jameela
Mulan Jameela dan Ahmad Dhani. 

TRIBUNBANTEN.COM - Menjabat sebagai anggota DPR RI Komisi VII, Mulan Jameela menyuaran kritik soal kejibakan koversi kompor LDG ke induksi.

Secara terang-terangan, Mulan Jameela menyampaikan kritikan bahwa kompor induksi yang dicanangkan pemerintah akan membuat masalah baru.

Sontak kritikan Mulan Jameela tersebut viral di media sosial, karena pendapatnya dinilai mewakili rakyat dan emak-emak.

Mulan Jameela melayangkan protesnya  saat rapat kerja Komisi VII -- yang membidangi energi dan perindustrian -- dengan Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (Ditjen ILMATE) Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Rabu (21/9/2022).

Ia pun menyampaikan pendapatnya dengan memposisikan diri sebagai emak-emak dan salah satu pengguna kompor listrik.

Baca juga: Datang ke Pengadilan Agama Berdua, Ahmad Dhani & Mulan Jameela Bungkam, Kuasa Hukum: Bukan Hal Lain

Istri Ahmad Dhani itu mengatakan sebaiknya kebijakan tersebut harus dikaji ulang.

"Kami Komisi VII sepakat bahwa program ini harus dikaji ulang, dan menurut saya, bahkan program kebijakan konversi kompor LPG ke kompor induksi ini menyelesaikan masalah dengan masalah baru," ujar Mulan Jameela.

Mulan menjelaskan peralatan masak seperti wajan dan panci yang bisa digunakan untuk kompor listrik berbeda dengan kompor biasa.

"Tadi menyampaikan katanya harga kompor induksi ini Rp1,5 juta, boleh tanya enggak? Apa sudah termasuk wajan sama panci?"

"Apakah tersedia berbagai ukuran? Kalau ibu-ibu itu pasti (mikirnya) ke situ, belum lagi wajan sama pancinya mahal-mahal, Pak," lanjutnya.

Selain itu, menurut Mulan, kompor listrik juga tidak cocok dengan masakan Indonesia.

Terlebih jika masakan diproduksi secara massal seperti saat sedang hajatan.

"Ini saya jujur ya, kapasitas saya sebagai anggota dewan dan sebagai emak-emak. Kami di rumah aja (meski) punya kompor listrik, tetap tak bisa lepas dari (kompor) yang gas."

"Karena, masakan Indonesia ya beda, bukan masakan orang bule yang pancinya ya seukuran gitu aja. Apalagi kalau ada hajatan, mana cukup?" kata Mulan.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved