Breaking News:

PLN Tampilkan Inovasi Percepat Infrastruktur Kendaraan Listrik di IEMS 2022

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo memastikan dalam mendukung KBLBB di Indonesia

dokumentasi PLN
PLN aktif menampilkan inovasi untuk mempercepat penetrasi infrastruktur kendaraan listrik di masyarakat pada gelaran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022 di Jakarta, Rabu (28/9/2022). 

TRIBUNBANTEN.COM - PLN aktif menampilkan inovasi untuk mempercepat penetrasi infrastruktur kendaraan listrik di masyarakat pada gelaran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022 di Jakarta, Rabu (28/9/2022).

Penetrasi itu demi mengakselerasi pertumbuhan ekosistem listrik di Indonesia, yaitu dengan pengembangan produk layanan stasiun penyedia listrik umum (SPLU), stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU), dan stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SBPKLU).

Selain itu, juga berbagai inisiatif kolaborasi bisnis bersama stakeholders.

Baca juga: YBM PLN Banten Serahkan Total Bantuan Rp 200 Juta untuk Pendidikan & Sosial di Angsana Pandeglang

Pada pembukaan IEMS 2022, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan perlu kolaborasi bersama untuk bisa mengakselerasi program KBLBB.

Menurut dia, sektor transportasi merupakan penyangga perekonomian Indonesia saat ini.

Penyangga perekonomian itu dengan beralih ke transportasi yang berbasis energi bersih mampu sekaligus mewujudkan cita-cita transisi energi.

Pemerintah berupaya penuh untuk bisa mengakselerasi KBLBB ini.

"Kita harus menguatkan kolaborasi untuk bisa membawa sektor transportasi ke arah yang lebih bersih. Ini merupakan langkah keberlanjutan yang harus terus kita gaungkan bersama-sama," kata Budi.

Budi menilai dengan adanya program KBLBB ini juga turut mendorong geliat inovasi dalam negeri.

Dengan adanya program KBLBB, inovasi dalam negeri berlomba untuk menciptakan teknologi kendaraan listrik yang lebih mudah diaplikasikan dan tentu saja lebih ekonomis.

Kementerian ESDM juga mendukung langkah mempercepat KBLBB di Indonesia.

Baca juga: Raih The Best SOE in Digital Service Transformation 2022, Jadi Bukti Transformasi PLN Berjalan Baik

Komitmen pemerintah ini juga dilakukan melalui program konversi motor BBM ke motor listrik sehingga bisa mengakselerasi penggunaan motor listrik di masyarakat.

Staf Ahli Menteri ESDM, Sripeni Inten Cahyani memastikan dengan adanya langkah bersama dalam mengkampanyekan kendaraan listrik bisa mengurangi beban APBN sekaligus upaya bersama dalam mengurangi emisi karbon.

" Kementerian ESDM meyakini, konversi motor ini maupun peralihan dari kendaraan berbasis BBM ke kendaraan berbasis listrik ini akan berdampak signifikan secara langsung mengurangi BBM dan emisi CO2, dan mampu membantu penyerapan listrik," ucap Inten.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved