Breaking News:

Permudah Layanan Bagi Masyarakat, Disdukcapil Lebak Usulkan Pelayanan Perekaman e-KTP di Setiap Desa

Disdukcapil Kabupaten Lebak usul agar pelayanan perekaman e-KTP agar bisa dilakukan di setiap kantor desa, karena pelayanan di kantor pusat membludak.

Penulis: Nurandi | Editor: Ahmad Haris
Harian Warta Kota/Henry Lopulalan
Ilustrasi e-KTP. Karena kekosongan blangko dan membludaknya pelayanan di kantor terpadu Lebak, Disdukcapil Kabupaten Lebak mengusulkan untuk pelayanan perekaman e-KTP agar bisa dilakukan di setiap kantor desa. 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Nurandi

TRIBUNBANTEN.COM, LEBAK- Membeludaknya pelayanan perekaman e-KTP di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lebak, menyebabkan kekosongan blangko.

Demi mempermudah pelayanan, Disdukcapil Kabupaten Lebak mengusulkan agar pelayanan perekaman e-KTP bisa dilakukan di setiap kantor desa di Lebak.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Plt Kepala Disdukcapil Lebak, Ahmad Nur.

Baca juga: 2.000 Blangko dari Pemprov Banten Langsung Ludes, Ribuan Warga Kabupaten Lebak Belum Cetak e-KTP

Ia mengatakan, pelayanan perekaman e-KTP di setiap kantor desa disusulkan supaya lebih maksimal dan masyarakat bisa terlayani.

Menurutnya, jika pelayanan dilakukan di setiap desa, akan mempermudah masyarakat, khususnya bagi mereka yang rumahnya berada di pelosok.

"Kalau sudah pelayanan yang dilakukan oleh setiap desa dalam perekaman e-KTP, jadi masyarakat enggak perlu lagi sebagai ramai-ramai ke Capil yang ada di Rangkasbitung," ujarnya saat dihubungi TribunBanten.com, Jumat (30/9/2022).

Dirinya menyebutkan, dengan pelayanan tersebut, maka akan lebih efektif.

Pemerintah desa cukup mengirimkan data masyarakat secara online, kepada kantor Disdukcapil Lebak.

"Jadi datanya tinggal dikirim saja, dengan pelayanan tersebut, maka akan lebih maksimal dan masyarakat tidak lama-lama menunggu di setiap kantor desa," ujarnya.

Saat ini, katanya, untuk pelayanan perekaman e-KTP atau pembuatannya, masyarakat di Lebak harus datang ke kantor Disdukcapil Lebak.

Terkadang banyak masyarakat Lebak yang datang dari daerah Lebak Selatan seperti Kecamatan Malingping, Bayah dan sekitarnya, harus menunggu seharian untuk melakukan pembuatan e-KTP atau Kartu Kelaurga (KK) serta permohonan data lainnya.

Baca juga: Demi Dapatkan Identitas Diri, Warga Suku Baduy Rela Antre Rekam e-KTP dan KK di Kantor Desa Kanekes

"Agar pelayanan di setiap desa maksimal, maka kantor desa harus mempunyai layanan internet yang maksimal, agar nantinya data yang terkirim tidak ada gangguan," kata Ahmad Nur.

Dirinya menambahkan, terkait dengan usulan mesin anjungan Dukcapil mandiri (ADM) di beberapa titik desa, akan dilakukan pembahasan terlebih dahulu.

"Jadi ada terobosan untuk mesin ADM tersebut ditempatkan di beberapa titik desa, agar memberikan pelayanan semudah-mudahnya kepada masyarakat, mudah secepatnya bisa terealisasi karena mesin tersebut harganya mencapai Rp 200 juta per unit," ucapnya.

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved