Breaking News:

Tangki Solar di Ciwandan Cilegon Terbakar & Terdengar Ledakan, Warga Sempat Diminta untuk Mengungsi

Berdasarkan informasi dari warga, tadi malam terjadi hujan lebat disertai petir. Kemudian terdengar ledakan

Penulis: mildaniati | Editor: Agung Yulianto Wibowo
Dok. BPBD Cilegon
Penyebab tangki bahan bakar minyak (BBM) jenis solar yang terbakar di Ciwandan, Kota Cilegon, Sabtu (1/10/2022) sekitar pukul 23.00, terungkap. 

Laporan Wartawan Tribun Banten.com, Mildaniati


TRIBUNBANTEN, CILEGON - Penyebab tangki bahan bakar minyak (BBM) jenis solar yang terbakar di Ciwandan, Kota Cilegon, Sabtu (1/10/2022) sekitar pukul 23.00, terungkap.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Cilegon Ade Mufrodi mengatakan tangki milik PT Taruna Bina Sarana terbakar saat dalam proses perbaikan.

"Menurut informasi dari pihak perusahaan, sedang ada pekerjaan perbaikan. Saat hujan, petugas beristirahat dan terjadilah ledakan akibat tersambar petir," ujarnya melalui telepon, Minggu (2/10/2022).

Baca juga: Lima Jam Berkobar, Kebakaran Tangki Solar di Ciwandan Cilegon Akhirnya Padam

Menurut Ade, warga yang tinggal di Kelurahan Kepuh, Kecamatan Ciwandan, sempat diminta ketua RT dan pihak kelurahan untuk mengungsi sejauh satu kilometer dari lokasi tangki solar yang terbakar.

"Berdasarkan informasi dari warga, tadi malam terjadi hujan lebat disertai petir. Kemudian terdengar ledakan di sekitar lokasi tangki BBM," ucapnya.

Petugas pemadam kebakaran gabungan melakukan pemadaman di area sekitar.

Pemadaman api terbantu dengan hujan yang turun lagi sekitar pukul 02.00.

Api yang membakar tangki bisa dipadamkan sekitar pukul 04.00.

"Kobaran apinya besar sehingga menghabiskan satu tangki. Pukul 02.00 sempat membesar kembali dan pemadam masih mundur sejenak karena membahayakan," kata Ade.

Berdasarkan keterangan dari pihak perusahaan, sekitar pukul 01.00 sempat terdengar sirine peringatan agar warga mengungsi.

Selain itu, arus lalu lintas dari arah Anyer ke Cilegon dan sebaliknya sempat ditutup.

Baca juga: BREAKING NEWS: Tangki Solar di Ciwandan Kota Cilegon Terbakar, Api Masih Belum Padam

Api di tangki penyimpanan BBM solar milik PT Taruna Bina Sarana, dinyatakan padam setelah berkobar selama 5 jam sejak Sabtu (1/10/2022) sekitar pukul 23.00.

Tangki penyimpanan BBM solar milik PT Taruna Bina Sarana itu berada di Kawasan Pelindo Regional 2 Banten di Jalan Brigjen Katamso, Linkungan Kepuh, Kelurahan Gunung Sugih, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, Banten.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved